Sabtu, 23 September 2017

"The Last Kingdom" Semangat Inggris Mengusir Penjajah Viking


Pernah denger film seri The Last Kingdom? film seri buatan BBC America pada tahun 2015 ini bergenre Historycal Drama. Sebelum ane tonton, seperti biasa cek rating imdb dan ternyata ratingnya 7.6 cukup bagus apalagi saya suka dengan genre Historical.

Di film ini tokoh utama nya bernama Uhtred, nama yang tak disangka ternyata dari dataran Inggris. Sekilas cerita bahwa Uhtred dari Bebbanburg anak dari ealdorman Uhtred menghadapi masa kecil yang tragis dimana kakaknya yang berperang melawan penjajahan Viking Denmark pada abad ke 9 tewas dipenggal oleh Viking. Ayahnya, Ealdorman Uhtred kemudian pergi bersama bangsawan saxon lainnya untuk membalaskan dendam atas kematian anaknya namun akibat kalah strategi dan kemampuan akhirnya pasukan ayahnya dikalahkan dan dia terbunuh.


Related image

Tersisa paman dan ibu tirinya, Uhtred kecil dijual ke Viking sebagai kesepakatan damai. Earl Ragnar memebeli Uhtred dan Brida untuk dijadikan budak, mereka menetap di kawasan Danish Notrumbia. Waktu berlalu Uhtred sudah dianggap anak sendiri oleh Ragnar dan akan dinikahkan dengan putri Ragnar yang bernama Thyra. Namun Viking menyerang tepat saat malam sebelum pesta pernikahan digelar, di aula Ragnar, keluarga dan tamu yang hadir tidur pulas karena mabuk. Aula dibakar hanya Uhtred dan Brida yang berhasil kabur. Cukup disini ane tidak mau spoiler lebih lanjut hehe.

Image result for ragnar last kingdom died

Kenapa Viking menyerang Viking? nah disini plot cerita menarik yang diadopsi bahkan merujuk ke fakta sejarah. Selain kemasan film yang dikemas apik dan menarik, seluruh efek berkualitas ada juga pelajaran sejarah tentang perjuangan rakyat Inggris dalam mengusir penjajah Viking Denmark. Bagi yang suka film perang, sejarah dan aksi fiml seri ini mungkin cocok untuk dilihat, series ke 2 sudah selesai rilis tahun 2017.

9 komentar:

  1. wah saya belum pernah nonton nih gan ,he he he

    BalasHapus
  2. Film ini cocok utk yg suka dgn cerita yg berlatar perang & kerajaan. Saya saja masih menunggu season 4 nya tayang 😁 mirip game of throne juga sih menurut saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, mantul lah pokoknya, tapi kalo disandingi kaya GOT belum lah kak, Plot twist nya tidak sebanding. Tapi mirip2 kaya Viking. Nice TV Show ini

      Hapus
    2. saya baru tamat session 1 film nya bagus ada nuansa sejarahnya baru tau kalau dulunya denmark/viking tidak beragama. ada yang punya info tv serries yang rekomended yang lain nya ?

      Hapus
    3. Vikings sudah ada 5 session, House of Cards, Rome (rilis 2005), masih banyak lagi. Ntar aku bikin reviewnya, agak sibuk akhir2 ini nyari rupiah buat lebaran 😄. Stay tune, maaf telat balas

      Hapus
  3. Kisahnya beda banget dgn film viking, Uhtred anak kandung, di last kingdom uhtred anak angkat. Viking ragnar mati di hukum raja inggris dgn di masukkan dlm kandang ukar di dlm tanah. Di last kingdom ragnar mati di khianati ( bakar) dgn rumah serta klg nya. Bingung jd nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat disayangkan memang karna pada saat itu bangsa nordik tidak begitu peduli dengan "kepenulisan". Tapi Ragnar nyata adanya dengan berbagai bukti tulis yang ada pada bangsa saxon Inggris. Sangat amat diaayangkan bahwa jalan sejarah diatur oleh pemenang, kematian ragnar dibuat setragis mungkin dengan maksud tertentu. Hal ini menyebabkan terjadinya Romance sejarah yg berakibat pengkaburan fakta supaya jalan cerita menarik dengan maksud tersembunyi. Mungkin nanti akan saya bahas kisah tentan Legenda Ragnar ini.

      Hapus
  4. gue belum nonton sih, kayaknya cerita gak jauh beda sama VIKINGS, disini ada tokoh RAGNAR lagi.... Gue kira ini RAGNAR LORTBROKH

    BalasHapus
    Balasan
    1. AFAIK, dalam film ini memang Ragnar itu adalah Ragnar Lothbrok. Ragnar ini unik karena dia adalah tokoh legendaris, tetapi sepak terjangnya tidak di dokumentasikan secara baik oleh para Viking. Sehingga akan banyak sekali versi cerita yang ada. Ceritanya berbeda gan, karena sudut pandang diambil dari Uthred yang sejauh ini banyak membantu Inggris.

      Hapus