Tomba Kalahkan Si Babi Jahat!


Tomba! pertama kali dirilis pada desember 1977 di Jepang.  Game ini mempunya plot bahwa Tomba hidup pada kepulauan di tengah laut yang tidak nampak di peta manapun. Pulau yang indah dan tenang, tempat bagi burung - burung indah dan cocok untuk berkebun.

Namun kedamaian yang ada selama bertahun - tahun tersebut diusik dengan kedatangan tujuh babi jahat yang mempunyai kekuatan magic. Merubah lingkungan sekitar menjdai pemandangan aneh dan jahat. Pada saat yang sama bawahann  dari Evil Pig mencuri gelang Kakek Tomba dan seluruh emas.

Disini tugas utama Tomba adalah untuk mencari dan mengambil kembali gelang milik kakeknya itu. Disepanjang perjalanan dia akan menemukan Evil Pigs Bag yang akan digunakan sebagai kunci untuk memasuki dunia babi yang jahat. Dalam perjalanan petualangan kita juga bisa menemui banyak misi sampingan yang menyenangkan dan menantang, namun tidak mempengaruhi alur cerita.


Image result for tomba 2

Untuk gameplay, walaupun game ini dibatasi dengan 2D sisi scroll namun tidak selalu mengacu pada platform utama. Dinamika areanya 3D lho namun terbatas seperti FEZ, dan tentunya menarik. Metode utama penyerangan Tomba adalah menaiki dan menangkap lawannya dilanjutkan dengan melemparnya untuk eksekusi terakhir. Begitu juga untuk objek lainnya seperti kotak harta karun, telur, ikan emas, dan lain lain perlu metode yang sama untuk membukanya.


Berbagai misi dan menemukan hal baru akan memberi reward Adventure Points (AP) yang digunakan untuk unlock atau membuka kemampuan tomba dan membuka harta karun. Mencari AP tidak wajib namun sangat membantu untuk mengatasi lawan yang semakin sulit. Yang paling berkesan menurut pendapat saya adalah sistem teleport antar world map menggunakan magic wind yang terbatas jumlahnya sehingga perlu mengatur sedemikian mungkin untuk hemat waktu juga merupakan kesenangan tersendiri. :)

Opps kelupaan, Tomba ini berbasis platform PS1 yang bisa juga dimainkan di PC untuk era saat ini. Genrenya adalah Metrooidvania (fitur interkoneksi antar world map yang besar yang bisa dijelajahi, akses untuk membuka pintu biasanya dibatasi oleh alat, items atau bahkan ability). Game ini ada 2 sequel yaitu Tomba! dan Tomba 2 The Evil Swine Return. 

Previous
Next Post »
Thanks for your comment