Yupana Kalkulator bangsa Inca

Yupana atau yupay dalam bahasa Quecha yang berarti hitungan adalah sebuah alat mirip sempoa yang digunakan oleh bangsa Inca untuk operasi perhitungan aritmatika.








Beberapa penulis sejarah pada zaman kolonialisme bahkan sudah menggambarkan sempoa inca tersebut dan bagaimana mengoperasikannya.
Felipe Guaman Poma de Ayala
 “Mereka menghitung melalui meja, menjumlahkan dari seratus ribuan sampai seratus dan dari sepuluh ribu sampai sepuluh, bahkan sampai ke tingkat unit. Mereka mencatat semua yang terjadi di dunia ini :hari libur, minggu, bulan, dan tahun. Akuntan dan bendarhara kerajaan ditemukan disetiap kota dan desa adat.”
Jose de Costa
“Mereka mengambil jagung dan meletakkannya di sini, tiga di sana, delapan dari bagian lain; Mereka berpindah dari satu kotak dan saling bertukar tiga biji padi-padian satu demi satu untuk akhirnya mendapatkan hasilnya tanpa kesalahan
Jose de Velasco
"Guru-guru ini menggunakan seperti serangkaian meja, yang terbuat dari kayu, batu, atau tanah liat, dengan perpisahan/sekat yang berbeda-beda, dimana mereka meletakan berbagai bentuk warna dan bentuk sudut yang berbeda."
Ada dua tipe dari yupana ini berdasarkan pembagian kelas objek yang berbeda :
1. Table-yupana (yupana arkeologis) adalah sistem nampan dengan ukuran dan bahan, diukir di bagian atas perangkat sehingga menjadi kotak geometris, dengan adanya tempat untuk benih dan kerikil, mungkin untuk melakukan perhitungan aritmatika yang kompleks. Yupana pertama dari model ini detemukan pada tahun 1869 di provinsi Cuenca (Ekuador) dan dimulainya kajian sitematis mengenai benda - benda ini. Semua temuan arkeologi sangat berbeda antara satu dengan yang lain.
Image result for yupana
Sket model untuk Table-yupana
2. Yupana model dari Poma de Ayala dapat dilihat di halaman 360 dari buku El primer nueva coronica y buen gobeirno yang ditulis oleh penulis sejarah kerajaan spanyol Felipe Guaman Polma de Ayala, yang mendeskripsikan seperti papan catur 5 X. Gambaran tersebut walaupun memiliki kesamaan dengan mayoritas Table-yupana, namun ada perbedaan yang menonjol yaitu model Polma berbentuk segi empat dan Table-yupana berbentuk poligon.  
Sudut kiri bawah merupakan model yupana versi Polma












Previous
Next Post »
Thanks for your comment