Full width home advertisement

Travel the world

Freedom Of Chit Chat!

Post Page Advertisement [Top]

Ketika gas – gas yang ada didalam 3000 meter dibawah permukaan  tanah bereaksi, menyebabkan adanya dorongan untuk air asin dan lumpur dalam untuk keluar dan meluap – luap melalui mulut gunung berapi. Lumpur yang keluar tidak panas malah sebaliknya, sangat dingin karena berasal dari dalam lapisan kerak bumi bukan dari mantelnya.
Sumber Image : travelguideromania.com

Related imageFenomena unik ini dijumpai di Negara Romania dengan nama Gunung Lumpur Berca. Lumpur yang mengering menciptakan struktur kerucut yang menyerupai gunung dan relative kokoh. Istilah Gunung Lumpur didefinisikan sebagai gunung yang mempunyai letusan lumpur yang lambat dan diikuti letusan emisi gas yang mendadak juga ditemui pelepasan minyak bumi.
Image result for berca mud volcanoes

 Air garam yang turut keluar menyebabkan lingkungan sekitar tidak mendukung untuk menjadfi tempat berkembang biak vegetasi. Hanya beberapa vegetasi yang dapat tumbuh, diantaranya adalah tumbuhan langka : Nitraria Schöberi dan Obione Verrucifera. Nitraria Schöberi berasal dari Asia, dan hanya dapat ditemukan di Romania. Sobat juga bisa menemukan spesies tanaman yang khas padang rumput hutan: rumput bulu, rumput cepat, rumput stepa, dan mata pegas pegas.
Image result for berca mud volcanoes
rivetingtrip.com
Tempat ini bukan lagi unik namun sangat spektakuler, karena bukan hanya ada satu gunung disana. Kompleks Gunung Lumpur ini terdiri dari banyak gunung kerucut dengan tinggi hanya beberapa meter saja dan aktivitas vulkaniknya masih aktif. Letupan gas, semburan lumpur, dan aliran air garam meluncur dari puncak gunung membuat momen yang berkesan bila melihatnya secara langsung.

Related imageKomplek Gunung Lumpur Berca atau penduduk menamainya dengan istilah “kabut” atau “pot” tersebut ditemukan pertama kali oleh H. Cognard, seorang warga Prancis, pada tahun 1867, dalam usahanya untuk menemukan minyak bumi.

Saat ini tempat wisata itu dikelola baik oleh pemerintah setempat, dengan berbagai tawaran akomodasi yang mendukung. Seperti lahan parkir gratis dan lahan untuk berkemah juga ada beragam tempat untuk menginap.

Selama ber-travelling di kawasan ini ada beberapa peraturan yang harus diperhatikan demi keselamatan, diantaranya :
- Sobat tidak boleh menyentuh kerucut atau lahar dengan tangan atau kaki.
- Sobat tidak harus masuk dengan hewan peliharaan.
- Sobat tidak boleh merokok atau makan selama kunjungan.


Karena area wisata Gunung Lumpur ini terbentuk dari lumpur, wisata hanya dibuka saat cuaca kering yang biasanya ada di musim panas agar ada pijakan dari lumpur yang mongering. Kombinasi antara lanskap lumpur yang mengering dan tidak adanya vegetasi di  sekitar membuat tempat tersebut seperti lunar bulan yang jarang dijumpai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]