Full width home advertisement

Travel the world

Freedom Of Chit Chat!

Post Page Advertisement [Top]

Ada yang tahu bahwa Temanggung mendapatkan Adipura dengan kategori kota kecil?


Tidak tahu? Ini adalah salah satu problematika dimana pemerintah kota atau kabupaten khususnya kabupaten Temanggung, kurang memanfaatkan perkembangan dan kegunaan teknologi informasi. Padahal informasi menggembirakan tersebut bila dikemas dan diberitakan dengan apik, bisa membangkitkan moral warga dan selalu merasa bangga atas kotanya diatas berbagai masalah dan kekurangan yang ada.

Apakah mungkin justru saya dan warga Temanggung lainnya yang terlalu pasif untuk mencari informasi?

Kemungkinan itu pasti ada, tapi ada yang membuat saya dan mereka menjadi pasif dalam menggali info atas kotanya sendiri, diantaranya karena :

1. Kecewa

Kami merasa sangat kecewa apabila mencari informasi tentang berbagai masalah sosial dan kepemerintahan, proyek pembangunan, dan informasi lainnya di Temanggung. Website resmi pemerintah kabupaten Temanggung sendiri tidak menyediakan apa yang kami ingin ketahui, malahan kabar mulut yang tidak pasti kebenarannya jauh lebih cepat menyebar. Alhasil antusias warga termasuk saya untuk menggali info lebih dalam tentang Temanggung lambat laun menurun.

2. Tidak peduli

Tidak peduli terhadap kota-nya karena kesibukan pribadi. Imbasnya orang itu akan bertindak seenaknya dan mengesampingkan keindahan juga tata tertib kota yang berujung ke perusakan fasilitas umum (vandalisme).

Memang di website resmi Temanggung telah disediakan portal Buku Tamu yang diperuntukan bagi warga temanggung sebagai sarana untuk mengutarakan uneg - uneg,  memberi informasi, saran dan kritik yang akan dijawab oleh admin yang sopan. Selain itu juga ada SMS PEMKAB , dengan nomor yang tertera kita bisa mengadu keluhan atau saran kepada Pemkab Temanggung. Namun bukankah lebih baik disediakan informasi paten seperti halnya berita yang bisa diletakan di website, karena ada banyak pertanyaan yang berualng kali ditanyakan, juga hal tersebut memudahkan bagi warga untuk mencari informasi tanpa perlu menunggu jawaban dari admin.

Uraian diatas menunjukan perlunya Pemkab Temanggung untuk selalu memperbarui dan memanfaatkan teknologi informasi saat ini, sebagai sarana sosialisai dan pembangunan kota yang lebih baik, sehingga tercipta sinergi kuat antara masyarakat dengan pemerintah. Disisi lain masyarakat sendiri perlu kedewasaan dalam menggunakan teknologi informasi yang ada agar tidak terjerumus pengaruh - pengaruh negatif.

Terlepas dari beberapa kekurangan yang ada pada Pemkab Temanggung dalam menyikapi penggunaan teknologi informasi, tahun ini banyak sekali prestasi yang dicapai oleh Kota dan Kabupaten Temanggung, diantaranya :

- Memenangkan Adipura kategori kota kecil yang menunjukan bahwa Temanggung adalah kota yang rapi, bersih, dan sejuk (green city). Indikasi bahwa Pemkot Temanggung dalam program - program tata kelola kota mengedepankan budaya lingkungan hidup.

- Internet sampai pelosok desa, nah untuk yang ini sangatlah membanggakan karena sudah sampai di desa saya yang termasuk pelosok. Imbasnya yang paling dirasakan adalah transparansi atas aliran dana bantuan bagi pembangunan desa dan meningkatkan gairah kerja perangkat desa. Kami sangat berterima kasih atas program ini.
- Pembangunan infrastruktur dimana - mana. Tahun ini banyak sekali  pembangunan yang telah selesai, seperti : pelebaran jalan, pembangunan jembatan, dan renovasi berbagai fasilitas umum lainnya.


- Re-make up monumen historis Kabupaten Temanggung. Beberapa monumen penting di Temanggung sudah selesai di make up ulang seperti Jam Tugu Temanggung, dan masih ada dalam proses pembangunan seperti alun - alun kota dimaksudkan agar lebih rapi dan modern.
- Temanggung TV resmi diluncurkan pada 10 November 2017 bertepatan dengan HUT kota Temanggung, nah mungkin ini jawaban dari kekecewaan sebagian besar warga Temanggung dalam mendalami info yang terjadi dan perkembangan kota Temanggung. Tujuan dari Temanggung TV adalah menyiarkan informasi yang membangun, budaya, tradisi, pertanian, dan informasi lainnya.

Image : Temanggungan.com

Harapan kami adalah apa yang sudah dibangun bisa dirawat dengan baik dan apa yang kurang segera diperbaiki. Buku Tamu, SMS PEMKAB, Lapor Pak Camat, dan lain - lain dioptimalkan lagi, syukur kalo bisa merambah ke medsos seperti milik PT KAI, karena pengguna medsos sangatlah banyak. Oleh karenanya peran serta masyarakat sangat diperlukan, sehingga kerja pemerintah bisa lebih optimal. Masyarakat yang terdidik dan sadar akan berbagai potensi juga pentingnya merawat kota akan berimbas di berbagai bidang seperti meningkatnya ekonomi, menumbuhkan kreatifitas, dan tidak buta dengan perkembangan dunia. Harapan saya Temanggung TV bisa mensosialisasikan apa yang menjadi hak dan kewajiban masyarakat dalam membangun kota juga sebagai sarana pengawasan kinerja Pemkab Temanggung. 

Catatan : ada satu titik jalan alternatif Bulu - Temanggung dimana tiap tahunnya rusak namun proses pembangunannya sangat lambat, bahkan ada yang meminta - minta uang entah legal atau ilegal, saya sudah melapor dengan fasilitas "Lapor Pak Camat" khusus pemkot Bulu, dikemudian hari semoga Temanggung TV atau media informasi laiinya bisa memantau dan mengawasi kegiatan itu karena menyebabkan kemacetan dan gangguan perjalanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]