Rabu, 20 Desember 2017

Berwisata ke Magelang

Hi hi pembaca, apa kabar?

Semoga baik - baik saja ya. Mungkin banyak dari kalian, saat ini sedang dalam waktu liburan, pelajar sekolah, mahasiswa, guru dan sebentar lagi para pekerja kantoran juga akan mendapatkan hari libur natal dan tahun baru.

Apa yang sudah dan akan kalian lakukan pada masa libur kali ini?

Kalo saya dalam mengisi waktu liburan (walaupun bulan ini saya ga ada libur... heg heg kasihan ya), tapi gapapa "life happens" suka duka kehidupan, biasanya kalo libur panjang saya pulang kampung melakukan hal yang tidak mungkin saya lakukan di kota.

Apa itu?

Berkumpul bersama keluarga di desa/kampung terlebih kalo masa panen tiba, bisa ramai - ramai panen sayuran dan itu momen yang sangat tak terlupakan. Oh iya, by the way alias ngomong - omong saya ini dari desa, tepatnya desa Kwadungan Wonotirto, kabupaten Temanggung. Memang desa saya ini pelosok letaknya 7 km dari puncak Gunung Sumbing, hmm iya saya adalah orang gunung.

Dalam liburan di desa, tidak cukup hanya berdiam di rumah atau membantu orang tua bertani akan tetapi bila ada rezeki lebih, biasanya saya akan travelling ke tempat wisata di daerah terdekat. Saya hobi hiking atau mendaki gunung, nah banyak juga teman - teman di desa yang se - hobi dengan saya dan ini juga merupakan agenda bila saya liburan di desa, dan apabila memungkinkan (ada rezeki dan waktu) keluarga besar di desa, bareng - bareng liburan ke tempat wisata (termasuk momen berharga dan jarang saya nikmati).

Berbicara tentang tempat wisata, kemana biasanya saya, teman - teman dan keluarga kunjungi?

Sudah saya singgung bahwa saya biasanya berwisata ke daerah terdekat yakni di Temanggung, sebelum saya cerita lebih lanjut, pasti akan ada pertanyaan bahwa tidak bosan berlibur di daerah sendiri? Jawabannya iya dan tidak, iya karena tempat wisata tersebut tidak ada peningkatan pelyanan dan fasilitas terlebih apabila kualitasnya semakin menurun, dan tidak karena saya seorang perantauan yang rindu kampung halaman dan tempat wisata daerah asal yang sudah memberi banyak kenangan, apalagi kalau tempat wisatanya selalu dikembangkan setiap tahun, pasti saya akan penasaran untuk mengunjunginya.

Tidak cukup di Temanggung atau karena sudah bosan, saya juga berwisata ke daerah lain seperti Wonosobo, Banjarnegara, Semarang, Purbalingga, Magelang, Yogyakarta, dan Solo. Daerah - daerah yang saya sebutkan tersebut adalah daerah sekitar Temanggung yang memiliki tempat wisata yang unik dan khas menimbulkan berbagai momen dan kesan tersendiri.

Khusus di tulisan kali ini, saya akan membahas berbagai tempat wisata di Magelang. Karena Magelang menjadi tujuan wisata tahunan keluarga dari semenjak saya kevcil yang memberi banyak momen indah dan juga sangat dekat dengan Temanggung. Berikut adalah daftar wisata di Magelang yang saya ketahui dan pernah saya kunjungi, saya kelompok-kan menjadi tiga kategori yakni kategori alam, kategori sejarah, dan kategori taman hiburan.

1. Tempat wisata kategori alam di Magelang

Ketep Pass


Ketep Pass adalah objek wisata alam yang menawarkan pemandangan indah dari nuansa gunung, dengan latar pemandangan Gunung Merapi yang akan memnajakan mata, selain itu juga sangat bagus sebagai tempat foto. Berlokasi di puncak bukit Sawangan yang berada di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, Ketep Pass berada di ketinggian 1200 meter dpl dan dengan luas area sekitar kurang lebih 8000 meter persegi, Ketep Pass ini berjarak sekitar 30 Km dari kota Magelang, bisa diakses dengan mudah menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi, menurut pengalaman saya pribadi yang perlu diperhatikan adalah kemampuan kendaraan masing - masing karena ada jalan menanjak yang membuat motor matic teman saya tidak kuat jalan saat berboncengan di jalan tersebut.

Selain menikmati pemandangan, di depan gerbang Ketep Pass juga ada warung - warung yang bisa jadi tempat asyik untuk nongkrong minum kopi hangat karena memang tempatnya agak dingin.

Gunung Merbabu

Ilustrasi jejakmatabackpacker.com

Yah, objek wisata ini mungkin bagi kebanyakan orang tidak akan dilirik apalagi yang sudah tua hehe. Tapi menurut pengalaman saya yang sudah mendakinya, Gunung Merbabu adalah wajib, terutama pada momen tertentu seperti hari kemerdekaan bangsa Indonesia yakni 17 agustus (agustusan) dimana banyak orang mendaki dan itu adalah sebuah momen yang sangat jarang terjadi saat mendaki. Suasana hangat di dinginnya hawa gunung dan bertemu orang - orang baru.

Selain itu, medan pendakian sangatlah mudah dengan banyak jalur landai (jalur bonus) yang meringankan perjalanan, jadi sangat cocok bagi pemula dan yang hobi fotografi. Di puncak kita akan disajikan pemandangan indah antara banyak jalur pendakian yang memiliki karakteristik medan berbeda, dan tersaji jelas ketika kita di puncak. Adapun jalurnya masing - masing adalah Jalur Kopeng Thekelan, Jalur Kopeng Cunthel, Jalur Wekas, Jalur Selo, dan Jalur Suwanting.

Gunung Merapi


Pasti semua sudah tahu dengan gunung yang satu ini, yap gunung yang masih aktif ini telah menjadi tragedi bagi masyarakat yang tinggal di kawasang lereng Gunung Merapi. Akan tetapi dibalik musibah pasti ada hikmah, pasalnya dikarenakan letusan yang terbilang baru terjadi membuat gunung ini unik menurut saya pribadi. Karena di kawasan puncak merapi tepatnya sering dipanggil dengan kawasan "pasar setan" yang konon dinamakan dengan nama yang horor tersebut berawal dari letusan dahulu yang merenggut nyawa pendaki yang sedang berkemah di kawasan itu.

Tak perlu risau tak perlu takut, tempatnya tidak horor seperti namanya, disana ada banyak batu - batu vulkanik dan padang pasir vulkanik yang merupakan pemandangan unik dan lain daripada gunung - gunung lainnya. Seperti menandakan bahwa batu - batu tersebut adalah kuburan sebagai pengingat kita yang melihat agar tersadar bahwa kematian datang tak pandang usia dan tempat.

Sekali lagi, kalo kamu pendaki belum lengkap petualanganmu bila belum mendaki merapi, terlebih apabila diijinkan sampai ke puncak bakal lengkap tulisan jurnalmu hehe. Kalian bisa mendaki lewat jalur kaliurang yang populer dan atau jalur selo, atau memilih jalur alternatif lewat Sawangan, Kabupaten Magelang, yang masing - masing memiliki suasana dan pemandangan yang berbeda.

Puncak Suroloyo


Pastinya di puncak yang kamu dapatkan adalah sejuknya udara dan pemandangan hijau nan indah. Namun, ada satu keistimewaan di Puncak Suroloyo ini. Kita serasa di atas pesawat terbang melihat kebawah indahnya jejeran guung Sumbing, Sindoro, Merapi dan Merbabu yang sangat elok untuk dilihat, mahakarya dari yang maha kuasa.

Untuk momen terbaik sangat disarankan pas cuaca cerah dan pada waktu sore hari (sunset) atau pagi hari (sunrise), karena apa? Karena perpaduan warna cahaya dan alam juga adanya candi Borobudur yang bisa dilihat akan membuat kamu speechless (diam tak berkata). Yep, candi Borobudur yang ikonik dan melegenda tersebut adalah keistimewaan pemandangan yang tak ada di tempat lain. Nah, untuk mencapai ke tempat wisata ini bisa melalui perjalanan dari Yogyakarta langsung ke Suroloyo melalui Kulon Progo atau lewat Magelang ke jalan Wates kemudian ke Suroloyo dan atau melalui paket wisata Candi Borobudur dengan melakukan perjalanan kaki, katanya pemandangan lewat jalur setapak ini jauh lebih indah.

Puncak ini ramai pada tanggal 1 suro karena ada hal yang berbau mistis, dengan adanya upacara jamasan pusaka dari Keraton Yogyakarta.

2. Kategori Taman Hiburan


Taman Kiyai Langgeng



Maaf cerita sedikit, taman hiburan ini memberikan banyak sekali kenangan kepada saya di waktu masa kanak - kanak. Setahun sekali, kakek - nenek dan pakdhe saya mengajak liburan ke taman ini. Apa kesan yang saya dapat? Taman tersebut adalah taman impian anak - anak yang tidak semua dapat bisa mencoba bermain disana, ada kolam renang terbaik yang pernah saya lihat dengan patung naga yang keren, berbagai patung imajasi, taman satwa, dan berbagai wahana yang menghibur, itu sekilas kesan yang saya dapat dari kunjungan ke Taman Kiyai Langgeng pada masa kecil saya dulu.

Sekarang?

Pasti berkembang, bahkan paman saya sewaktu liburan sekolah tahun kemaren mengajak anak - anaknya pergi ke Taman Kiyai Langgeng berkomentar dengan nada puas "ini mungkin miniatur Dufan Ancol ya lan". Memang benar, ada wahana - wahana baru seperti roler coster dan tempat hiburan baru seperti bioskop 6D, dapat dimasuki dengan harga tiket yang relatif murah sekitar 25 ribu rupiah dan gratis untuk anak dibawah 3 tahun. Jadi patut menjadikan Taman Kiyai Langgeng sebagi pilihan berlibur bersama keluarga.

Pecinan Magelang

ilustrasi phinemo.com
Kalian sudah pasti tahu tentang pecinan, yep kawasan atau area dengan budaya cina yang identik dan membaur dengan budaya lokal membuat suasana tempat itu berbeda dari sekitarnya. Terutama soal kuliner, makanan cina identik dengan makanan yang kaya bumbu dan kaya rasa dan saya pikir cocok juga bagi lidah orang indocina seperti kita ini.

Apa yang unik? sebenarnya sama saja dengan pecinan yang ada di daerah lainnya, akan tetapi banyak daerah juga yang tidak mempunyai lokasi unik seperti ini. Kamu tidak akan menjumpai kawasan pecinan di Yogyakarta, Aceh, atau daerah lainnya. Nah, mungkin apabila kamu berkunjung ke kota Magelang sempatkanlah jalan - jalan kuliner di kawasan ini, letaknya dekat dengan alun - alun kota Magelang, oh iya jangan lupa menawar ya bila belanja di kawasan ini.

Alun - Alun Magelang

ilustrasi isroiphotography.wordpress.com
Sebagai publik area atau juga tempat istirahat, alun - alun Magelang dikelola dengan sangat apik dan merupakan wajah atau ikon kota Magelang sebagai kotang yang bersih dan tertata. Ada berbagai stand tempat jualan makanan, yang paling saya suka adalah stand wedang ronde dan kupat tahu, saya tidak melewatkannya apabila mudik. Tidak hanya itu, perkembangan selalu dilakukan dan melahirkan berbagai landmark atau ciri khas di alun - alu seperti patung Diponegoro, menara air dari zaman belanda, dan lainnya. Tidak norak kok berkunjung ke alun - alun, apalagi alun - alunnya cantik dan bersih.

Armada Town Square

ilustrasi magelangonline.com
Armada Town Square atau lebih dikenal dengan Artos Mall adalah pusat perbelanjaan terbesar di Magelang dan kawasan sekitar. Kamu tahu lah seperti apa mall itu, jadi tak perlu dijelaskan lagi ya hehe. Menjadikan mall sebagai tempat liburan juga ga salah, ada berbagai fasilitas hiburan seperti bioskop dan taman bermain, terlebih buat kamu - kamu yang ingin shoping sehabis berwisata di Magelang, cocok lah ni tempat.

3. Kategori Wisata Sejarah


Candi Borobudur

 

Candi Borobudur, tak akan habis apabila membahas tentang bangunan spektakuler satu ini. Begitu megahnya, begitu artistiknya, begitu luar biasanya wujud dari kejayaan dan kepintaran para pendahulu. Bahkan dunia mengakuinya sebagai keajaiban dunia, walau sekarang nama "7 keajaiban dunia" itu sudah dicabut. Akan tetapi tetap saja suatu keindahan bernilai seni tinggi tak akan sirna oleh zaman.

Saya bisa katakan bagi kalian yang belum pernah mengunjungi Candi ini, malah justru liburan ke Tokyo, alangkah ruginya. Saat ke candi ini dan melihat secara langsung, saya dapat pelajaran bahwa bangsa ini merupakan bangsa yang kuat dan besar, terbukti telah membuat suatu bukti konkret berwujud bangunan super megah yang tidak hanya megah, akan tetapi ada unsur artistik dan religi yang mengikat kuat. Jangan sampai lagi kita melupakan sejarah, terlalu banyak keringat dan darah para pendahulu membangun peradaban bangsa ini. Apapun bentuknya, Candi Borobudur adalah mahakarya, sebuah keajaiban yang perlu dirawat dan dijaga.

Spesifikasi Candi Borobudur :

Terdiri dari enam ruas berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar, dindingnya dihiasi dengan 2672 panel relief adan ada 503 arca. Ada stupa besar sebagai stupa utama yang terletak ditengah dengan 72 stupa lain yang mengelilinginya.

Ada berbagai hal menarik di taman wisata ini yang akan menambah wawasan kamu, terkadang ada juga pentas seni sebagai suguhan bagi pengunjung. Berbagai fasilitas tambahan seperti kereta motor atau naik gajah bisa anda rasakan. Sekedar tips, ingin merasakan momen lebih dan tak terlupakan di Borobudur? usahakan datang pas perayaan waisak, karena ada ribuan lampion yang dilepaskan sebagai acara puncak waisak di Borobudur.

Museum Karmawibhangga


Museum ini berada di kompleks taman wisata Candi Borobudur, jadi sambil menyelam minum air, eh sambil berwisata sambil belajar. Apa yang ada di Museum Karmawibhangga adalah artefak - artefak dari candi Borobudur. Tempatnya sejuk enak, dirawat dengan baik dan cukup canggih dalam menyajikan informasi sejarah terhadap artefak - artefak tersebut.

Saya rasa, sekian tempat - tempat wisata di Magelang yang pernah saya kunjungi dan sudah memberikan joyness atau kebahagiaan dalam pengalaman hidup saya. Sangat terbantu memang, sebagai warga Temanggung, wisata - wisata yang ada di Magelang sangatlah lengkap dan juga dekat hehe. Namun, saya terkejut setelah mencari informasi, ternyata ada banyak sekali tempat wisata yang tidak saya ketahui atau belum pernah saya kunjungi seperti Taman Sabda Air Kalibening, Air terjun Kedung Kayangan, Gereja Ayam, dan masih banyak lagi.

Mungkin next time lah ya, kalo ada kesempatan (waktu dan uang) haha. Tak usah bingung mau liburan kemana, coba aja datang ke Magelang dan dapatkan momenmu. Semoga bermanfaat, selamat berlibur.....

0 Komentar:

Posting Komentar