Rekomendasi Nih Bagi yang Suka Film Seputar Mata - Mata


Bagi yang belum tahu aja ya...

Ada Film Series bergenre war, crime, historical drama, romantic, dan teka - teki (versi ane) keluaran tahun 2014 dengan judul film bernama "Turn : Washington's Spies" garapan dari AMC Network salah satu perusahaan TV berbayar di Amerika.

Turn : Washington's Spies sendiri diadopsi dari buku karya Alexander Rose yang berjudul Washington's Spies : The Story of America's First Spy Ring pada tahun 2007. Nah, buku itu sendiri bukanlah fiksi yang berarti bukunya berisi tentang fakta - fakta sejarah, terutama pada masa perang kemerdekaan tahun 1700 -an dan menceritakan fakta bagaimana Amerika sangat diuntungkan dengan adanya mata - mata sehingga dapat mengalahkan pasukan kerajaan terkuat pada masa itu yakni United Kingdom.

Banyak ahli sejarah berpendapat bahwa kalau ingin melihat fakta bacalah bukunya, kalau ingin drama ya nonton televisi saja. Tapi apakah sejarah yang ditampilkan dalam acara TV garapan AMC tersebut tidak sesuai atau bahkan mendekati fiksi?

Dalama Turn : Washington's Spies, kejadian - kejadian sejarah yang ditampilkan sama persis dengan fakta sejarah. Diantaranya aliansi Amerika - Prancis, Battle of Steauket, Battle of Kerr Farm, dan masih banyak lagi. Nah, efek dramatisirnya yang seringkali bisa mengundang pertanyaan, seeprti umur dari tokoh sejarah, percakapan, dan penekanan sifat pada tokoh seperti halnya pada Captain John Simcoe yang tampak begitu kejam, tapi saya rasa tanpa menggambarkan Simcoe sedemikian rupa film ini tidak akan menarik.

Jika ada yang sudah baca bukunya, banyak hal yang akan menjadi kekecewaan karena ada pelencengan fakta, namun sekali lagi sejarah besar tidak ada yang dirubah.

Singkat cerita, berawal dari persahabatan antara Woodhull, Caleb, dan Tallmadge. Hubungan mereka bertiga sangatlah erat, namun perang kemerdekaan meletus, membuat kedua sahabat Woodhull ikut bergabung sebagai Patriot, Woodhull sendiri tidak bisa ikut karena ayahnya termasuk pejabat kota Setauket yang bersumpah pada Raja George dari Inggris.

Sampai akhirnya, Woodhull terjebak masalah ekonomi dimana panen kubisnya gagal dan menyisakan sedikit saja untuk dijual dan uangnya bisa digunakan untuk bertahan dimusim dingin bersma istri dan anaknya. Namun, Inggris menetapkan pajak tinggi untuk jual beli demi memberi kas untuk dana perang yang sedang terjadi.

Woodhull tidak ingin menjualnya secara legal karena bisa mengakibatkan celaka pada keluarganya akibat uang penjualan yang sedikit. Akhirnya dia memutuskan menjual secara ilegal - disinilah mulai First Spy Ring dengan julukan Samuel Culper lahir.

Ada pertanyaan, kenapa Woodhull tidak memilih minta bantuan ekonomi dari ayahnya? Adanya ikatan Annah Strong dan kebencian terhadap United Kingdom yang mengakibatkan Woodhull memilih menderita. Selebihnya bisa kalian lihat sendiri di film - nya, saya bisa memberikan nilai rating 9 karena alur dan drama yang begitu menarik ditambah adanya berbagai teknologi mata - mata pada masa itu menambah hiburan tersendiri.

Berbagai review memberikan nilai 8 untuk film ini karena faktor cerita sejarah yang sedikit berubah, tapi saya tidak begitu peduli dengan sejarah Amerika yang penting terhibur, dan Turn : Washington's Spies cocok untuk menemani waktu santai anda.


Previous
Next Post »

2 Komentar

Click here for Komentar
23 Februari 2018 14.32 ×

Thanks rekomendasinya gan..

Reply
avatar
Alan Pratama
admin
23 Februari 2018 19.55 ×

sama2 gan, moga terhibur

Reply
avatar
Thanks for your comment