Jendela Pintar yang Mampu Memberi Daya Listrik

Penemuan material baru yang memungkinkan panel tranparan (kanan) menjadi panel berwarna (kiri) dan sebaliknya

Jendela Pintar - Siapa yang butuh gorden jika jendela kita sudah merangkap fungsi sekaligus dengan fungsi dari gorden? Dengan teknologi, jendela yang kita kenal saat ini mungkin akan mengalami inovasi dengan mampu menahan panas dan sinar matahari yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk mengisi daya elektrik. 

Pada tanggal 22 Januari di nature.com sudah dideskripsikan tentang prototipe panel dengan teknologi tinggi. Panel transparan tersebut digabungkan/terdiri juga oleh sel surya yang memiliki warna agak menggelapkan, sehingga seperti yang sudah saya sebutkan bahwa jendela ini nantinya akan mampu merangkap fungsinya sebagai gorden dengan menggelapkan diri. Secara singkat, ada lapisan atom didalam panel yang akan bereaksi dengan sinar matahari dan suhu tinggi. Saat memanas atom - atom tersebut akan membentuk kristal berwarna gelap atau lebih dikenal dengan sebutan perovskit. sebuah terobosan baru dalam industri sel surya.

Letian Dou,  seorang insinyur dari Universitas Purdue, dan rekan - rekannya melakukan percobaan dengan cara memanaskan panel sampai dengan suhu 105 derajat celcius. Suhu yang jauh lebih panas daripada sinar matahari bahkan pada saat musim panas. Secara terus menerus tim menurunkan suhu sampai di suhu dari panas matahari yang biasa memapar di bumi, dan hasilnya panel tetap mampu bereaksi baik sebagai fungsi gorden (menggelapkan) dan fungsi sel surya (mampu mengubah panas menjadi daya listrik).

Atom perovskit sampai saat ini memerlukan kendali manual agar bisa kembali dalam mode transparan dan sama halnya dengan model panel surya yang harus dimatikan dengan cara manual dengan menyemprotkan semacam cairan ke panel.

Hal tersebut memang menjadi PR bagi para peneliti yang terlibat, dengan harapan pada suatu hari nanti panel pintar tersebut bisa bekerja dengan baik dan bisa diaplikasikan, misal menjadi jendela kendaraan yang akan bermanfaat bagi kendaraan karena dapat mengisi ulang daya listrik. Semoga XD

kumpulananekatulis.blogspot.co.id
sciencenews.org
nature.com
Previous
Next Post »
Thanks for your comment