Full width home advertisement

Travel the world

Freedom Of Chit Chat!

Post Page Advertisement [Top]


Halo teman, kali ini ada review menarik dan sangat bermanfaat. Yap, sesuai gambar diatas, saya akan mengulas tentang IDN Times.

Apa itu IDN Times?

Pernah dengar New York Times? Nah, seperti itulah kiranya. Jadi, IDN Times adalah sebuah media masa sama seperti New York Times atau koran - koran lainnya, bedannya bahwa IDN Times hanya bergerak pada platform online berbasis website saja.

Kenapa hanya bergerak pada platform online?

Sepertinya kita semua sudah tahu bahwa majalah dan koran offline atau yang dibukukan sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat, kemungkinan saat ini pembeli tetap koran offline kebanyakan adalah kantor - kantor penyedia jasa, warung makan, dan toko kecil. Kelebihan media online sangatlah banyak, mungkin sudah kita rasakan tapi intinya adalah media online itu murah, jangkauan luas, cepat, dan ramah lingkungan karena tidak menggunakan kertas.

IDN Times juga mengangkat slogan "The Voice of Millenialls and Gen Z Indonesia" atau "Suara dari Generasi Millenial dan Generasi Z Indonesia".

Perlu diketahui bahwa Generasi Milenial adalah mereka yang lahir pada tahun 1980 - 1990 an dan Generasi Z adalah mereka yang lahir pada pertengahan tahun 1990 an sampai dengan 2009. Artinya, anak - anak generasi tersebut, saat ini sudah dan sering menggunakan berbagai teknologi canggih disekitarnya, termasuk memanfaatkan internet oleh karena itu platform online adalah pilihan paling bijak.

Berita gembira dari adanya IDN Times


Kehadiran IDN Times sejak tahun 2014 telah memberikan dampak positif bagi masyarakat online terutama generasi milenial dan generasi z. Tercatat sampai saat ini idntimes.com dikunjungi oleh 20 juta pengunjung setiap bulannya.

Apa berita gembiranya?

Sabar hehe,,,

Saya kelompokkan berita gembiranya menjadi 2, yakni bagi saya dan umum (pembaca dan penulis), karena di IDN Times sendiri ada sekitar 16 kategori artikel.

Ada 3 kategori artikel dari IDN Times yang menarik bagi saya, yakni Fiction, Science, dan Quiz. Memang saya belum lama menjelajah IDN Times, sekitar dari pertengahan Januari saya mulai beberapa kali singgah untuk melihat berita dan cerita terupdate.

Kenapa saya memilih 3 kategori tersebut?


Pertama - saya sangat tertarik dengan cerita baik sejarah, pengalaman, ataupun fiksi dan dalam bentuk apapun seperti novel, cerpen, dan puisi. IDN Times telah menyediakan tempat bagi tipe pembaca seperti saya dengan memberikan kolom Fiction, hal ini tentu sangat bermanfaat bagi tipe pembaca seperti saya.

Saya suka cerita karena memang menghibur, banyak hikmah dalam setiap cerita yang sangat berguna untuk memperbaiki diri. Tidak seperti drama politik yang jalan ceritanya ruwet dan penuh intrik busuk ahahaha. Selain itu, banyaknya HOAX yang juga telah menjauhkan saya dari berita - berita sensitif saat ini dan lebih memilih membaca cerita.

Kualitas cerita yang disajikan penulis - penulis IDN Times, kalo boleh dibilang "Mengagumkan". Ada beberapa rekomendasi cerpen bagus yang sudah saya baca, seperti : Kata Kerja karya dari Arien, Gadis Kecil di depan Bioskop karya dari Sulistiyo Suparno, Sebuah Alasan karya dari Storyteller, dan masih banyak lagi.

Kedua - saya adalah penggemar sains, seperti yang bisa sobat lihat. Dalam blog ini saya telah membuat berbagai saduran artikel sains dari media luar, tujuannya adalah saya ingin membagikan ketertarikan saya untuk umum yang tidak mengerti bahasa Inggris. Dengan adanya kolom sains di IDN Time bertambah daftar sumber bacaan yang bermanfaat bagi saya.

Ketiga - adanya kolom Quiz ini sangat menghibur dan saya jadikan rekomendasi bagi siapa saja yang belum pernah mencoba fitur Quiz di IDN Times ini. Apa itu Quiz? saya rasa pengguna Facebook sudah akrab dengan fitur tersebut. Quiz adalah semacam form yang memungkinkan kita mengisi atau memilih obyek yang tersedia dan setelah selesai akan dinampakkan hasil yang sering kali membuat bibir ini tersenyum. Seperti :  Apakah kamu termasuk orang yang licik? dan hasil kuis menunjukan :



Pinter nih tebakannya, memang begitu adanya ane bukan orang yang licik ahahahahaha. Masih ada banyak kuis lainnya yang menghibur dan bisa diambil juga berbagai hikmahnya.

Kabar gembira bagi kalian adalah.....


Di Idntimes.com ada kurang lebih 16 kategori artikel 
Setelah saya puas dengan 3 kategori artikel yang ada di idntimes.com, mungkin dengan 13 kategori lainnya akan cocok dengan kamu dan tentunya bermanfaat baik untuk menambah wawasan ataupun hiburan.

Konsep dan tujuan supaya media masa ini cocok bagi generasi milenial dan generasi z, nampaknya dikembangangkan secara mendetail. Tampilan website tidak terlalu banyak iklan mengganggu yang tidak hanya membuat capek mata namun juga kuota bagi yang menggunakan paket data. Bisa dikatakan tampilan website idntimes.com cukup elegan dan nyaman untuk membaca disana.

Sedikit hati - hati bila saat berselancar di idntimes.com, karena pada saat scroll ke bawah ternyata tidak ada ujung, yang biasanya ujung bawah website atau footer berisi copyright, media sosial, label, dan sebagainya. Ternyata di idntimes.com, kesemua itu diletakkan disampingkan disisi kanan. Seperti gambar dibawah.


Sedikit membingungkan, tapi tidak menggangu kenyamanan membaca.

Untuk bagus atau tidaknya kualitas konten - konten yang ada di IDN Times. Keterbatasan saya hanya bisa mereview 3 kategori yang sudah saya jelaskan diatas, yakni Fiction, Science, dan Quiz. Untuk yang lainnya? Silahkan cek sendiri sesuai dengan minat sobat, siapa tahu mendapatkan artikel yang bermanfaat dan cocok dengan minatmu.

Menghasilkan uang bersama IDN Times

Untuk yang satu ini adalah kabar gembira bagi kamu yang suka menulis. Pasalnya IDN Times memberikan kesempatan kepada penulis lepas agar mendapatakan pundi - pundi rupiah. Nama program ini adalah IDN Times Comunity, dalam program ini kamu harus menulis artikel menarik dan berkualitas yang akan diberi imbalan oleh IDN Times sebesar Rp. 100.000 per 1000 poin, dengan ketentuan 100 views adalah 1 poin dan minimal penukaran poin agar dapat di transfer ke rekening bank kamu adalah 2000 poin.

Jadi untuk mendapatkan minimal uang yang dapat ditarik dari IDN Times atau sebesar Rp. 200.000, maka kamu harus mampu membuat artikel yang menarik dengan jumlah view minimal 200.000.

Langkah untuk menjadi penulis konten di IDN Times, adalah sebagai berikut :


Setelah mendaftar pastikan membaca syarat dan ketentuan yang bisa dilihat disini, supaya apa yang telah kamu usahakan tidak sia - sia karena lupa membaca hal - hal kecil. Selain imbalan poin dari hasil menulis konten, ada juga event yang akan semakin membuat poin bertumpuk, seperti :



Pertanyaannya, apakah worth it?



Dengan jumlah pengunjung mencapai 20 juta perbulan dan 90 juta pageviews per bulan, bukankah ini kesempatan untuk mengasah skill dan bakat menulismu yang dengan mudah diakses oleh banyak orang? 

Nah, bicara soal uang apakah akan menghasilkan atau tidak? Kembali pada diri masing - masing, mampu atau tidak bahwa kamu bisa membuat artikel yang menarik dan berkualitas. Kalo mampu "why not"?, silahkan lanjut daftar ke community.idntimes.com, dan buat artikel yang menarik. Oh iyaaa kalau bisa buat cerpen juga nanti saya akan baca dengan catatan harus berkualitas wkwk.

Agan sendiri sudah pernah menulis di IDN Times?

Belum, saya masih jadi pembaca yang budiman hehe. Saya masih ambrul adul dalam menulis, belum kaya kosakata, tapi mungkin nanti kalau ada cerpen menarik yang saya buat bisa saya publish di IDN Times dan mendapat bonus duitnya hehe.

Akhirnya, kita sampai di penghujung artikel kali ini. Ada beberapa hal yang menjadi inti tulisan ini, diantaranya :

  • IDN Times mengusung konsep Generasi Milenial dan Generasi Z Indonesia, yang membuat websitenya tampa elegan dan nyaman sebagai tempat membaca.
  • Ada kategori fiksi yang saya rasa tergolong langka dan inilah yang menarik hati saya untuk membaca di IDN Times, terutama tulisan dari Arien yang "Top Markotop".
  • IDN Times menyediakan informasi - informasi terupdate sesuai dengan semangat Generasi Milenial dan Z yang selalu update dengan perkembangan zaman.
  • Selain mendapatkan wawasan setelah membaca artikel - artikel di IDN Times, ternyata kita bisa juga mendapatkan bonus uang apabila menjadi penulis di IDN Times dengan persyaratan yang sangat mudah.

Jadi, segera tengok Idntimes.com siapa tahu cocok. ☺☺☺


10 komentar:

  1. nice info , mau nyoba nulis artikel di idn times suhuu..

    BalasHapus
  2. keren gan review nya.. idn time emang bagus bagus si nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bisa dibilang lengkap, silahkan kunjungi siapa tahu ada yang cocok

      Hapus
  3. artikel yang sangat bermakna dan bermanfaat

    BalasHapus
  4. makasih gan, sangat bermanfaat informasinya.. lanjutkan!! ^_^

    BalasHapus
  5. beneran dpt duit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu ane sih dapet, kalo agan suka nulis,,, Apa salahnya mencoba? hehe

      Hapus

Bottom Ad [Post Page]