Rabu, 27 Desember 2017

Kopi, Teman Setia yang Selalu Menemani Saat Berkarya


Berbicara tentang kopi, dalam beberapa tahun belakangan ini ada tren dikalangan masyarakat dalam minum kopi menjadi sebuah gaya hidup. Sebegitu populernya bahkan ada film layar lebar dengan mengankat kopi sebagai tema didalamnya. Ada beberapa hal yang mendorong masyarakat terutama kalangan muda yang menikmati kopi sebagai gaya hidup terus meningkat, diantaranya adalah :
  1. Sesuatu yang populer atau sedang tren, pasti dengan mudah tersebar.
  2. Kopi memang cocok dipakai untuk sarana sosial, seperti berdiskusi, nongkrong, dan sebagainya.
  3. Adat yang mengakar, minum kopi di beberapa daerah sudah menjadi tradisi dan bukan tidak mungkin di era sekarang mereka yang dari daerahnya memiliki adat tersebut, juga akan menyebarkan tradisi minum kopi ke daerah lain.
  4. Berbagai inovasi dari kopi menghasilkan yang bukan penikmat kopi bisa menerima kopi sebagai minuman atau rasa yang cocok bagi mereka.
  5. Kecanduan, tidak dipungkiri ada sebagian orang yang telah kecanduan kopi, tanpa kopi hidupnya malah akan pahit (ada teman saya yang sudah kecanduan).

Hal - hal diatas yang mendorong meningkatnya penikmat kopi terutama di kalangan anak muda, patut kita perhatikan. Karena kopi sendiri ada manfaat dan bisa juga tidak baik bagi kesehatan, apapun sih bila konsumsi berlebih itu tidak baik. Nah berikut manfaat dan hal negatif dari kopi :

Manfaat konsumsi kopi

  • Menurunkan resiko terkena diabetes, didalam kopi terkandung asam klorogenik yang dapat menyerap kadar gula dalam pencernaan tubuh, selain itu juga bisa meningkatkan insulin dalam tubuh.
  • Mencegah penyakit jantung dan stroke, hasil studi dari 83.000 wanita yang mengkonsumsi kopi diketahui bahwa wanita yang berusia 24 tahun ke atas dapat mengurangi terkena resiko stroke sebesar 19%.
  • Mencegah kanker.
  • Mengilangkan rasa kantuk.

Bahaya kopi

  • Kafein yang berlebih bisa mematikan, kafein dalam dosis yang berlebih akan menyebabkan kecanduan dan juga dapat menimbulak kanker, hal ini akan menjadi kontradiksi dari manffat yang bisa diambil dari kopi.
  • Tekanan darah, nah konsumsi berlebih malah dapat menyebabkan penyakit jantung yang padahal kopi sendiri bisa mngurangi resiko terkena penyakit jantung.
  • Meningkatkan asam lambung, meminum kopi dalam dosis tinggi membuat efek gelisah pada diri kita yang berlebihan dan meningkatnya asam lambung tentu akan memberi rentetan penyakit yang akan menyebar ke bagian organ lainnya.


Masih banyak sebenarnya manfaat dan bahaya dari konsumsi kopi, tapi beberapa hal diatas adalah sebagian poin terpenting yang harus kita ingat dan waspadai. Mengingat ada manfaat dari minum kopi yakni menghilangkan rasa kantuk, saya pun turut meminumnya. Namun, karena saya sudah melihat dan tahu langsung dari bahaya kopi yakni teman saya mengalami kecanduan jadi saya membatasi dalam mengkonsumsinya, paling banyak 1 cangkir perhari.

Adapun dalam konsumsi kopi, saya memilih kopi dengan varian rasa seperti kopi susu, mocca, dan sebagainya apabila untuk diminum pada siang hari yang sangat cocok dijadikan minuman dingin. Namun, itupun jarang. Kebanyakan saya minum kopi saat petang dan malam hari ketika saya berinteraksi dengan layar dan menuliskan hal - hal dalam pikiran saya yang tidak penting. Untuk menemani kegiatan menulis ini, saya memilih ditemani dengan minuman kopi hitam hangat original yang ampuh menjaga mata tetap ON. 

Cukup beresiko memang karena saya memilih kopi hitam, tapi kalau memilih kopi berasa saya malah jadi ngatuk entah efek susu atau lainnya. Untuk mengurangi resiko lebih parah, saya memilih Kopi Kapal Api karena kandungan kafein dari kopi ini tergolong rendah dalam kelas kopi hitam.  

Gimana rasanya?


Karena saya tidak kecanduan, saya kira rasanya enak (tergantung selera juga, karena kopi Kapal Api tidak ada gulanya, so bisa kita atur juga gula yang menyertai agar pas saat di sruput) atau mungkin bisa dikreasi dengan menambahkan krim dan susu, apapun asal pas untuk kita. Tapi bagi yang sudah kecanduan memang tidak akan merasakan minum kopi jika disuguhi Kapal Api, sebaliknya apabila saya disuguhi kopi ala pecandu, ga akan saya minum. Kenapa? ga cocok, terlalu menyengat apalagi yang tanpa gula. 

Bang, saya menjumpai orang yang bilang bahwa dia selalu mendapat inspirasi saat minum kopi, memang itu manfaat minum kopi?

Salah, itu cuma alibi dari seorang pecandu kopi efek tersebut adalah karena kafein yang terkandung didalam kopi seperti yang sudah saya jelaskan, tapi karena efek kopi bisa memberikan kepuasan mungkin bisa menjadikan si penikmat kopi lebih rileks dalam berfikir (ingat tidak ada zat dalam kopi yang membantu mencerdaskan otak). Saya sendiri dalam menulis kebanyakan kopi sebagai pelengkapnya, tapi tidak pernah mendapat inspirasi, inspirasi datang saat saya mengerjakan sesuatu, yang penting terus bergerak inspirasi datang sendiri. Nah, bagi yang belum kecanduan kopi atau dalam taraf akan kecanduan kopi, mulai kurangi minum kopi dan tidak melewati batas sekitar 2 - 3 cangkir perhari. Dan yang sudah kecanduan, beralihlah ke kopi dengan taraf kafein yang lebih rendah, mulai berubah secara perlahan, lama - kelamaan juga akan terbiasa. Kopi Kapal Api bisa menjadi pilihan bagi agan - sista yang suka dan atau telah kecanduan kopi sebagai alternatif menikmati dan mengambil manfaat kopi. "Bukankah sesuatu yang berlebihan dan melampaui batas itu tidak baik?", 

Selamat menyruput kopinya ya gan.... :) eits pelan - pelan masih panas hahaha
#KapalApiPunyaCerita


0 Komentar:

Posting Komentar