Full width home advertisement

Travel the world

Freedom Of Chit Chat!

Post Page Advertisement [Top]

Qlapa - kretivitas adalah kunci memajukan bangsa
Nilai mata uang adalah kedaulatan suatu bangsa yang mesthi dijaga. Dalam blog ini, saya pernah membahasnya di artikel Arti penting rupiah bagi bangsa ini.

Inti dari artikel tersebut adalah :
  • Nilai mata uang rupiah yang harus kuat adalah harga mati bagi kita untuk mempertahankannya.
  • Nilai mata uang menunjukan kekuatan ekonomi suatu negara. Jadi, apabila keadaan ekonomi dalam negeri melemah dan lesu, otomatis nilai mata uang akan turun bahkan tak dihargai oleh negara lain.
  • Penurunan mata uang rupiah terjadi karena ketimpangan perdagangan, lebih banyak impor (tak produktif) daripada ekspor.
  • Untuk mempertahankan dan memperkuat nilai mata uang rupiah, bisa dengan membuka usaha mandiri dengan moto kreatif dan inovatif. Asalkan mandiri, rupiah bisa dijaga kedaulatannya apalagi bisa menambah volume ekspor.
  • Yang terakhir adalah cara yang seharusnya mudah untuk menjaga kedaulatan rupiah, dengan cukup mencintai, mendukung, dan membeli produk - produk karya bangsa.

Beberapa poin diatas memanglah sangat teramat penting untuk diketahui setiap warga negara Indonesia supaya kedaulatan rupiah terjaga.

Dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas 2 poin terakhir yakni usaha mandiri, usaha kreatif dan inovatif, serta cara mendukungnya. 

Saya rasa tak sedikit warga negara yang peduli terhadap kemandirian ekonomi bangsa ini. Mereka yang bekerja sebagai bukan pelaku usaha, seperti karyawan pabrik, PNS, dan sebagainya, pasti memiliki keinginan untuk membelanjakan pundi - pundi rupiah hasil dari kerja keras mereka untuk barang - barang Made in Indonesia dan berkualitas.

Kenapa mereka hanya ingin? 


"Ingin" tersebut bisa diartikan bahwa barang Made in Indonesia yang akan dibeli belum ada atau tidak tahu tempat yang menjualnya dan bisa saja karena memang kurang uang untuk membelinya.

Untuk alasan yang terakhir memang bikin pusing, saya pun mengalaminya. Solusinya adalah kerja lebih keras atau mengurangi pembelian yang tidak perlu sehingga bisa ditabung.

Nah, bagi yang belum tahu dimana barang/benda kreatif bin inovatif karya anak bangsa bisa ditemukan, tenang ini bukan ujian, coba deh lihat - lihat Qlapa.com.

Apa itu Qlapa.com?

Qlapa atau bisa dibaca kilapa dan sesuai dengan gambar diatas nampaknya terinspirasi dari kelapa. Sudah banyak yang tahu bahwa kelapa dari akar sampai daunnya bisa diambil manfaatnya bagi kehidupan manusia, dari namanya saja sudah inovatif.  Qlapa sendiri adalah marketplace khusus untuk produk - produk kerajinan tangan hasil karya anak bangsa. Konsep marketplace berarti kita tidak hanya bisa membeli barang, namun juga bisa menjualnya (mall online).

Dengan tagline :
Kreativitas adalah potensi terbsesar Indonesia
Menunjukan bahwa Qlapa ingin menggugah kesadaran bahwa kita harus mampu mandiri secara ekonomi didasari dengan konsep kreatif dan inovatif. Secara tak langsung, usaha Qlapa tersebut juga telah membantu menjaga kedaulatan rupiah.

Jadi masalah "ingin" diatas sudah teratasi dengan hadirnya Qlapa.com, berbasis menjadi handmade e -commerce/handmade marketplace yang menawarkan aneka kerajinan tangan Made in Indonesia patut dilihat - lihat siapa tahu barang yang "ingin" dibeli ada di Qlapa.

Menurut pendapat pribadi, Qlapa sangat cocok menjadi tempat belanja barang sehari - hari karena :

1. Belanja di qlapa itu mudah dan praktis

Seperti e -commerce pada umumnya yang telah diketahui oleh masyarakat secara luas. Qlapa membuat website dan aplikasinya jauh lebih mudah dipahami dan tampilan yang elegan membuat mata betah untuk berselancar mencari barang atau peralatan yang kita inginkan. Selain itu, kita bisa menghemat waktu dan tenaga yang merupakan salah satu keuntungan berbelanja online.



2. Qlapa khusus menawarkan produk - produk kerajinan tangan



Handmade atau kerajinan tangan telah terbukti memiliki nilai seni yang khas, selain itu proses pengerjaan yang masih manual atau menggunakan tenaga kerja langsung manusia telah memberikan kesempatan kerja bagi mereka yang terlibat dalam proses pembuatannya serta tidak lupa bahwa produk - produk handmade itu adalah made in Indonesia.

3. Kualitas terjamin


Mungkin kerap terjadi, barang - barang handmade yang dijual secara offline di tempat - tempat wisata memiliki kualitas yang kurang bagus, namun karena sangking khasnya dan keunikannya, toh akhirnya dibeli. Akan tetapi barang yang dijual di Qlapa memiliki kualitas bagus dan kualitas tinggi, karena Qlapa memiliki quality control yang ketat dengan adanya fitur "Laporkan Barang".


4. Produk yang ditawarkan sangat unik dan khas



Qlapa konsisten bahwa produk dari para pengrajin dibuat satu persatu dari tangan pengrajin. Unik adalah pengalaman yang akan didapat dengan metode tersebut karena barang satu dengan yang lain tak sama walaupun sama jenisnya. Kekhasan dari masing - masing pengrajin pun, tak akan ditemui dari produk - produk konvensional yang dibuat secara masal dengan mesin.

5. Made in Indonesia

Semua produk kerajinan tangan yang  dijual di Qlapa, bisa dipastikan bahwa pembuat dan pembuatannya ada di Indonesia.

6. Produknya lengkap

Qlapa menawarkan berbagai produk kerajinan yang sangat lengkap mulai dari fashion bahkan sampai kuliner. Ada puluhan bahkan mungkin ratusan pengelompokan produk yang ada di Qlapa, teramat banyaknya saya malas ngitungnya. Jadi buang - buang jauh apabila kamu mendengar "Kerajinan Tangan" hanya berupa aksesoris seperti gantung kunci, mainan, lukisan. Karena ada juga yang berupa teknologi dan bahkan peralatan yang akan menunjang kehidupan sehari - hari.

Kerajinan tangan hasil karya orang Indonesia sudah diakui dunia karena keunikannya, sampai - sampai PBB melalui UNESCO pada 2 Oktober 2009 menganugerahkan Batik sebagai warisan budaya dunia.

Melihat kenyataan tersebut, ternyata nenek moyang kita kreatif - kreatif ya :). Memiliki darah kreator dan inovator, seharusnya akan ada banyak lagi karya - karya handmade yang akan lebih spektakuler. Dengan Qlapa, bagi yang memiliki produk unik dan kreativ, kamu bisa menjualnnya. Dengan Qlapa, kita bisa memiliki barang unik dan khas. Suatu wujud kemandirian ekonomi bangsa.

Aih, emang kamu pernah beli produk di Qlapa gan?

Belum, hehe taraf "ingin" saya bisa ditafsirkan belum cukup uang untuk membelinya. Tapi saya sangat bersyukur dengan hadirnya Qlapa, karena konsep ekonomi mandiri bisa berjalan. Nah, untuk "ingin beli" versi saya, gini nih penampilannya :

Meja Belajar Kayu

Meja Belajar Kayu
Gimana? keren bukan? masih ada banyak lagi macam produk yang ditawarkan yang pastinya unik, khas, dan berkualitas. Semoga bermanfaat.


4 komentar:

  1. Meja-kursi dan perabot kaya, idaman saya banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Elegan ya mmbak hehe dan lagi Made in Indonesia :-bd

      Hapus
  2. Ditengah gempuran produk asing, qlapa hadir untuk menelamatkan produk lokal. Aku udah lihat2 di apps nya juga item barangnya keren.

    http://www.sugatangguh.com/2018/04/jatuh-cinta-dengan-produk-handmade.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, semoga semakin berkembang. |o|

      Hapus

Bottom Ad [Post Page]