Rabu, 31 Oktober 2018

Buat Eventmu Lebih Mudah Dengan Terobosan Ini

Yowisband tampil menghibur fans dalam event YTFF di Yogyakarta 28 - 30 Spetember, dokumentasi pribadi saat menjadi kru dkumenter di salah satu booth disana.
Beberapa bulan terakhir ini saya menjadi freelancer kru dalam event, segala event baik publik maupun tertutup. Inilah pula alasan kenapa blog ini jadi tidak terlalu aktif lagi.

Bekerja dalam area pekerjaan ini membuat wawasan dan pengalaman saya bertambah, salah satunya adalah bertambahnya tingkat kepercayaan diri, kemampuan berkomunikasi dalam tim meningkat, dan juga meningkatnya daya pikir karena biasanya dalam penyelenggaraan event pasti ada kekurangan dan diharuskan dapat diselesaikan secara mendadak nan cepat. Overall ini adalah salah satu profesi bagi kamu yang easy going dijami asyik dan bayarannya pun cukup tinggi.

Sejauh dalam penyelenggaraan event yang saya ikuti adalah event tertutup dan indoor lah yang paling mudah dan bahkan nyaman untuk dikerjakan, namun dari segi bayaran tentu jauh daripada mengerjakan event publik.

Apa itu event publik dan event tertutup?


Acara event publik adalah event yang dibuat dan ditujukan untuk khalayak umum yang memiliki tujuan untuk menghibur, mendidik, dan juga promosi. Event publik ini bisa dilakukan di outdoor ataupun indoor, misal konser di Balai Sarbini.

Suasana event gathering - dokumentasi pribadi
Event tertutup adalah event yang dibuat dan ditujukan hanya untuk kelompok atau komunitas tertentu saja, bisa outdoor maupun indoor. Misalnya adalah Family Gathering STAN angkatan 2002 di Yogyakarta.

Membahas lebih jauh tentang event tertutup, mungkin diantara pembaca ada yang sudah pernah mengikuti event seperti ini, misal outbond, trip ke tempat wisata, dan sebagainya. Pernah terbesit dalam pikiran ga sih bahwa event yang relatif kecil ini tak jarang membutuhkan event organizer dalam menjalankannya?

Pertanyaan tersebut pernah terbesit ketika saya menjadi kru untuk event gathering yang hanya diikuti sekitar 30 - 40 orang. Sebenarnya komunitas tersebut bisa saja dengan mudah menjalankan event tanpa bantuan kami, dengan jumlah peserta yang relatif kecil tersebut alhasil saya seperti makan gaji buta alias tidak perlu mengeluarkan tenaga banyak saat menjalankan event.

Melihat itu, saya jadi teringat saat masih duduk di bangku kuliah. Kami angkatan 12 sering melakukan acara - acara itu, seperti : study tour, wisata bareng, dan bakti sosial tanpa perlu menyewa EO.

Tapi setelah mengobrol dengan salah satu peserta gathering yang sedang menikmati rokoknya, saya mendapatkan jawabannya. Kata masnya : "memang benar acara ini bisa dibilang kecil mas, hanya 20 an orang. Tapi untuk memastikan acaranya bakalan berjalan lancar, tak ada satupun dari kami yang bisa bertanggung jawab. Banyak urusan yang lebih penting yang harus kami kerjakan, urusan keluarga, urusan pekerjaan, bahkan urusan kredit mas" kemudian ia tertawa.

Setelah mendengarnya, benar juga dari apa yang dikata oleh masnya itu. Bahkan saya mengalaminya, dari mulai gagalnya acara buka bersama sampai gagalnya acara halal bi halal SMP angkatan 2006. Semua terkendala karena tidak ada penanggung jawabnya yang bisa memastikan acara berjalan lancar.

Sekilas cerita dan informasi diatas bisa menggambarkan bahwa industri jasa event organizer ini memiliki peluang pangsa pasar yang tinggi ditengah - tengah berkembangnya pola hidup masyarakat yang disibukan oleh berbagai urusan. Soal pendapatan dalam melakukan jasa ini layaknya pedagang, jika laku pasti besar hasilnya. This is option to you who have passion and motivated to motivated other peoples, selain itu punya keteguhan hati yang kuat dan berjiwa pekerja keras, menjalankan industri ini sangatlah cocok.

Nah, untuk membantu dalam menjalankan bisnis ini. Ada satu aplikasi mobile yang sangat mudah digunakan, namanya adalah SpotQoe.

Apa itu SpotQoe?



SpotQoe adalah platform pemesanan ruangan secara online yang memberikan kemudahan dalam mencari, memilih, dan melakukan pemesanan working space, meeting space, dan event space. Ruangan yang ditawarkan sangat beragam dari hotel, restaurant, coffe shop, dan bahkan coworking space terkemuka di Indonseia. Intinya, platform ini sangat membantu kita saat ingin membuat acara indoor.

Spotqoe bisa diakses melalui websitenya yaitu spotqoe.com atau bisa menggunakan aplikasi mobilenya yang sudah tersedia di Playstore and Appstore. Sebenarnya, saya tak memiliki pengalaman dalam mekanisme memesan ruang pertemuan, ruang meeting, ruang event, dan semacamnya.

Namun setelah mencoba regristasi (prosesnya sangat mudah) dan explore lebih jauh aplikasi Spotqoe, disini saya mendapatkan kesan sangat mudah untuk memesan ruangan yang akan digunakan untuk acara. Tampilannya simple namun elegan serta tidak membuat bingung, saya langsung mencoba mencari daerah yang ingin saya ketahui, kemudian akan tampil berbagai ruang pertemuan berikut dengan kapasitasnya sehingga kita mudah menemukan apa yang kita inginkan.

Selain itu informasi deskripsinya pun lengkap, dan tersedia form "availability atau ketersediaan ruangan" dengan UI yang mudah dipahami. Nah, di form availability inilah bisa didapatkan estimasi biaya pemesanan ruangan yang kemudian bisa dipesan dahulu dan untuk pembayaran bisa mengikuti kebijakan yang merchant terapkan, misal : menu makanan tambahan, hiburan,DP dahulu ataupun tidak, dan sebagainya. Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat video dibawah ini :


Penjelasan diatas adalah benefit dalam memanfaatkan layanan SpotQoe untuk penyelenggara event atau acara. Gambar berikut adalah ringkasan benefit yang didapatkan jika menggunakan SpotQoe :



Begitulah  gambaran sedikit tentang industri jasa event atau event orginazer berdasarkan pengalaman saya menjadi bagian didalamnya. Mungkin dilain waktu saya akan melanjutkan pembahasan seputar event dan warna - warninya jika ada kesempatan lagi. Tak kalah penting, segera juga cobain Spotqoe untuk membuat acaramu bukan di grup WA lagi alias wacana, namun sudah bakal jadi ada. Juga sangat direkomendasikan buat PJ atau leader di dalam event organizer segera menggunakan Spotqoe sehinnga waktunya tak banyak tersita loby sana loby sini, wawasan makin luas.

Dengan SportQoe, tak perlu bingung buat event dimana.

#JadiLebihMudah #SpotQoe

0 Komentar:

Posting Komentar