Selasa, 23 Oktober 2018

,

Ayo Latihan Jadi Bapak Kos!

Pernah mendengar kata "sandbox game'?



Sandbox game adalah sebuah game yang diciptakan dengan memberikan karakter game keterbatasan yang sangat minimal, hal ini memungkinkan gamer untuk mengembangkan karakternya sesuai dengan daya kreatifitas dan pola pikir mereka. Bukan berarti didalam sandbox game tidak ada semacam misi atau tugas seperti ada pada game progresif, letak perbedaannya adalah didalam sandbox game, tugas atau misi - misi tersebut bukanlah suatu keharusan.

Alih - alih memenampilkan area tersegmentasi atau area sesuai level, sandbox game biasanya membuat "dunia" bisa diakses penuh oleh gamer dari awal sampai akhir. Salah satu yang terkenal adalah Minecraft dimana kita bisa membuat dunia virtual impian sesuai kemampuan kreatif kita dan berapa besar imajinasinya.

Game sandbox favorit saya adalah Craft the World yang sudah saya bahas sebelumnya. Lalu ada beberapa yang saya rekomendasikan seperti : World of Warcaft, Guild Wars 2, Entropia Universe, Growtopia, game - game tersebut adalah bergenre MMORPG yang mungkin nanti saya akan bahas dimana letak keharusannya kamu untuk memainkannya.

Kali ini saya bahas game yang sebenarnya sudah lama dirilis, namanya adalah Project Higrise.

Add caption
Project Higrise dirilis pada tanggal 6 September 2016, saya memainkannya 1 bulan kemudian setelah ada rekomendasi dari steam. Game yang dikembangkan dari SomaSim dan dipublikasikan oleh Kasedo Games ini berhasil mendapatkan review positif dari para pecinta game simulasi dan sandbox, mendapatkan bintang 7 dari 10 (ini terakumulasi dari sejak awal rilis).

Sebuah game monoton namun addictive



Project Highrise adalah game simulasi gedung pencakar langit yang bisa ditempati oleh apartement, toko ritel, restaurant, dan ruang kantor. Kombinasi antar sektor tersebut tentu tidak bisa dibilang mudah, seperti yang ada pada gedung di dunia nyata diperlukan zona sehingga para penyewa ruangan bisa senang.

Project Highrise sangat menantang untuk dimainkan pada awal - awal, dengan budget rendah dan permintaan dari penyewa yang banyak membutuhkan perencanaan matang sebelum membangun dan menyewakan. Jika "ngawur" pasti akan ada banyak protes dari penyewa yang bisa menyebabkan mereka pindah dari gedung milik kita, alhasil tidak ada penghasilan dan akan merugi.

Namun, setelah berjalannya waktu dan tidak banyak masalah. Ketika sudah mendapatakan penghasilan sekitar $3000, game sudah terasa membosankan atau monoton. Berbagai masalah utility dan maintenance sudah bisa diatasi karena budget aman. Selain itu kurangnya area berkreasi untuk gedung kita (minim artistik) menambah kebosanan tersebut.

Dalam mengatasi masalah itu, developer membuat beberapa DLC packs yakni Project Highrise : Las Vegas, Project Highrise : Miami Malls, Project Highrise : Tokyo Towers, Project Highrise : London Life, dan Project Highrise : Brilliant Berlin. Masing - masing DLC ini sangat bagus dan memberikan sensasi yang unik.

Baru - baru ini setelah lama tak main Project Highrise, saya iseng nyari versi androidnya dan ternyata sudah ada di Play Store. Fiturnya makin bertambah namun sayang style artistik dan gameplaynya masih sama. Tapi karena sudah versi mobile, jadi lumayanlah buat ngilangin kegabutan ketika dimana aja. Saya sendiri memberi nila 8/10, khususnya untuk versi android/mobilnya.




Nah, yang ingin merasakan jadi bapak/ibu kos, direktur properti, atau konsultan gedung. Boleh dicoba game sandbox "Project Highrise", monggo disedot gan.

Lihat Dulu :


0 Komentar:

Posting Komentar