Selasa, 28 November 2017

Cerdas Memilih Hiburan dan Informasi di Era Digital

Perkembangan dunia informasi dan digital di Indonesia

Sekitar empat tahun terakhir, terjadi perubahan besar – besaran di masyarakat dalam berkomunikasi baik menggunakan telepon atau perangkat lainnya. Khusus dalam berkomunikasi menggunakan telepon, saat ini mereka kebanyakan menggunakan alat komunikasi yang disebut smartphone. Dengan hadirnya smarphone ini, orang – orang mulai meninggalkan gaya komunikasi lama dengan telepon seperti SMS dan Calling Phone, yang dinilai mahal bagi sebagian orang. 

Smartphone sendiri membutuhkan layanan pendukung agar aplikasi – aplikasi digitalnya dapat bekerja, yaitu dengan layanan internet. Di telepon genggam model lama atau mobile phone kita mengenal bahwa untuk berkomunikasi membutuhkan jaringan seluler. Nah, untuk smartphone sendiri membutuhkan jaringan internet yang perkembangannya sangat pesat, dalam sekitar 5 tahun ini sudah dikenal jaringan 3G, kemudian H+, dan terakhir 4G dimana ini adalah terobosan bagi dunia teknologi informasi dan komunikasi. 

Jaringan tersebut membutuhkan paket data agar tersambung dengan penyedia jasa internet (ISP/Internet Service Provider) yang saat ini sudah banyak sekali pilihan, dari penyedia jasa komunikasi tradisional yang lama hingga pendatang baru berlomba – lomba memberikan pelayanan terbaik untuk internet Indonesia. 

Sudah saya singgung bahwa penggunaan SMS dan panggilan telepon sudah mulai ditinggalakan, digantikan dengan instant messenger seperti Whatsapp, Facebook Messenger, Line, dan sebagainya. Tidak terbatas dalam kemudahan mengirim aplikasi - aplikasi ini juga bisa untuk keperluan panggilan, dengan aplikasi – aplikasi smartphone kita bisa berkomunikasi tatap muka atau yang sering disebut video call, dengan menggunakan aplikasi seperti skype dan vibe. Komunikasi dengan smartphone jauh lebih cepat dan menarik dibandingkan menggunakan telepon genggam versi lama, itulah mengapa mobile phone yang hanya dilengkapi fitur seluler sudah mulai ditinggalkan. 

Sebenarnya  komunikasi berbasis internet di Indonesia sudah digunakan sejak lama seperti yahoo messenger, mIRC, mig33, skype, dan sebagainya (saya sendiri belum pernah menggunakannya, tahu internet saat smp itupun baru diajari cara buat email. Baru tahun 2009 mulai agak aktif dengan media social facebook). Aplikasi chat berbasis internet pra-android itu dirasa murah dibandingkan SMS, karena tidak ada batasan berapa pesan maksimal yang harus dikirim asal masih ada jaringan internet, sama seperti aplikasi instant message saat ini. 

Mereka yang menggunakan aplikasi chat pra-android itu sudah selangkah lebih maju dalam pemanfaatan teknologi sebagai sarana komunikasi baik untuk kegiatan sosial dan juga untuk berbisnis. Mereka menemukan teman baru tanpa mengenal jarak, wilayah, dan negara yang tentu akan banyak sekali manfaatnya, seperti pertukaran ide, diskusi, sharing info, juga have fun. 

Apa yang sebenarnya ingin saya sampaikan adalah bahwa kemudahan berkomunikasi dan mendapatkan informasi adalah kunci untuk memajukan bangsa. Dengan hadirnya smartphone dan jaringan internet 3G/4G juga jaringan WIFI yang sudah menjamur tersebut sudah memudahkan cara kita untuk berkomunikasi seara lebh luas dan cepat. Apa yang mereka (pengguna aplikasi chat dan media sosial pre android) sudah saya rasakan dan mendapat manfaatnya. 

Namun bagaikan pedang bermata dua, kemudahan berkomunikasi  dan mencari informasi saat ini bisa berdampak negative. Seringkali informasi yang masuk tidak disaring dengan baik, dimana informasi – informasi tersebut tidaklah benar dan menjerumus sesat, di lain pihak kemudahan komunikasi juga dibarengi dengan pihak – pihak tidak bertanggung jawab yang akan merugikan pengguna internet yang belum berpengalaman.


Indonesia membutuhkan aplikasi digital yang bermanfaat

Memang fenomena tersebut adalah suatu dilema, sangat sulit menangkal  hal – hal negative apabila kita tidak bekerja sama menangkalnya. Salah satu bentuk wujud kedewasaan dan kebaikan kita dalam menggunakan internet adalah membuat atau menyebarkan informasi yang berguna, bisa juga membuat aplikasi – aplikasi digital yang bermanfaat. 

Saya sangat bersyukur dengan kemajuan teknologi saat ini, terutama software dan aplikasi yang ada di android/smartphone dan juga komputer.  Di smartphone ada aplikasi ramalan cuaca yang sangat membantu di musim hujan ini, aplikasi waktu shalat, game, bahkan aplikasi untuk penulis pun ada. Melihat bahwa pengguna internet semakin meningkat terutama melalui smartphone, Indonesia membutuhkan aplikasi – aplikasi digital yang mampu mendidik dan menghibur penggunanya dengan kualitas yang bagus.

Seperti aplikasi scan uang dengan kamera dan aplikasi, kombinasi yang sanagt unik. Di aplikasi tersebut uang bisa berbicara dan menceritakan sejarah tokoh yang ada dalam uang, cukup hanya menscan dengan apliasinya, selain terhibur saya dan pengguna lain akan mendapatkan informasi yang mendidik. Itu hanya satu dari sekian potensi dari dunia digital yang sangat sangat bermanfaat bagi kemajuan bangsa. 

Gebrakan CBN hadir sebagai penyedia layanan digital yang mendidik dan berkualitas



Melihat manfaat yang sangat positif dari dunia digital, kita bangsa Indonesia membutuhkan suatu gebrakan pengembangan digital untuk masa depan. Untungnya, ada perusahaan yang mengerti tentang hal ini, yakni CBN (PT Cyberindo Aditama). Perusahaan CBN sendiri adalah penydia jasa layanan internet (ISP) yang berperan aktif dalam memajukan dunia informasi dan komunikasi digital di Indonesia. Saat ini, mereka memilki gebrakan dalam memajukan dunia digital di Indonesia, dengan sebagai Digital Service Provider (DPS) perusahaan ini menawarkan layanan mendukung dan mendidik yaitu CBN Fiber, hi – speed internet acces up to 1 Gb, e-ducation, Dens.tv, IPTV, e-commerce, blockbuster video on demand, yang bisa diakses melalui website, mobile application, dan smartbox.

Dikutip dari Tribunnews :
"Inilah yang sedang kami bangun, sebuah hubungan saling menguntungkan antara manusia dan perusahaan melalui lingkungan digital yang bisa membantu meningkatkan kenyamanan hidup manusia," kata Dani Sumarsono, President Director CBN dalam keterangan pers tertulis kepada Tribunnews, Rabu (18/10/2017).

Tidak tanggung – tanggung, demi mewujudkan dunia digital yang bermanfaat. CBN telah mendukung program smart city di Bandung dengan membangun 500.000 jaringan fiber optic hingga 1 Gb di area perumahan, selain itu ada juga dukungan fasilitas lainya untuk warga bandung seperti IP weather dan Google Station WIFI yang bekerja sama dengan Google Station dan Pemkot Bandung. Bandung dipilih oleh Google dan CBN karena kota ini adalah “smart city” dengan telah membuat ratusan aplikasi untuk memudahkan layanan publik dan tata kelola kota. Program – program itu sendiri adalah agenda dari CBN Digital Nation, yang digelar dibandung hari ini.

Dukung Literasi Digital Indonesia, CBN Digital Nation
Event CBN Digital Nation tanggal 28 Oktober 2017 di Paskal Shopping Center, Tribunnews.com

Event CBN Digital Nation tanggal 28 Oktober 2017 di Paskal Shopping Center, Tribunews.com
Melihat apa yang dilakukan CBN agaknya menjawab kebutuhan – kebutuhan digital baik untuk komunitas maupun indivdu. Dengan membedakan kualitas pelayanan/produk berdasarkan kebutuhan yang tentunya sangat baik, kualitas layanan di CBN dibedakan menjadi dua yaitu personal dan bisnis. Berikut adalah penjelasan apa yang didapat dari kedua produk tersebut :
  1. Personal
      Pelayanan model personal ini menjawab kebutuhan bagi anda dan keluarga menikmati berbagai manfaat dari dunia digital yang menghibur dan mendidik, adapun pelayanan – pelayanannya adalah sebagai berikut :

  • Fiber
        Layanan fiber adalah pelayanan internet dengan menggunakan fiber optic sehingga anda mendapatkan kualitas kecepatan internet yang cepat dan berkualitas. Dengan up to 1 Gb, anda sudah bisa membayangkan sendiri kecepatan internetnya seperti apa, saya bilang kecepatan internet CBN Fiber adalah "wus wus kenceng", tidak hanya sekedar jaringan internet yang didapat di layanan CBN Fiber anda juga akan mendapatkan DIgital Entertainment yang akan saya jelaskan dibawa. Berikut perbandingan apa yang didapat dengan masing - masing kecepatan internet di paket CBN FIber.


Itulah mengapa saya katakan "wus wus kenceng", nah untuk harga paketnya masing - masing adalah :


Bisa dilihat pada gambar diatas, harganya termasuk murah bukan? bila diperhatikan seksama ada di masing - masing paket ada produk tambahan selain jaringan internet yaitu "Family" dan Family Time", nah kedua layanan tersebut merupakan layanan Digital Entertainment dari CBN Fiber. Adapun "Family" dan "Family Time" adalah Premium TV yang menghibur dan mendidik, berikut daftarnya.

Selain mendapatkan internet cepat dan Premium TV, anda juga bisa mengakses chanel tv lokal maupun internasional secara gratis.

  • Wireless
        Layanan ini ditujukan untuk memenuhi permintaan pelanggan akan jaringan internet tapi belum bisa dijangkau fiber atau mungkin karena memang permintaan dari pelanggan. Layanan Wireless dibagi menjadi dua dengan manfaat yang berbeda, yakni CBN Directnet Play dan CBN Directnet Mall.

CBN Directnet Play adalah paket broadband nirkabil dengal layanan internet dengan kualitas tinggi tanpa batas untuk area perumahan. ada 3 paket yang ditawarkan yakni Bronze dengan harga 399 ribu rupiah, Silver dengan harga 799 ribu rupiah, dan Gold dengan harga 1.999 juta rupiah. Kecepatan download masing - masing paket adalah up to 2 Mbps untuk Bronze, up to 4 Mbps untuk Silver, dan up to 10 Mbps untuk Gold. Kecepatan upload masing - masing paket adalah 1 Mbps untuk Bronze, 2 Mbps untuk Silver, dan 5 Mbps untuk Gold. Semuanya dilengkapi dengan sistem keamanan dan penyimpanan CBN mail.

CBN Directnet Mall adalah layanan internet yang ditujukan khusus untuk aktivitas bisnis untuk memantau transaksi dan bisnis. Dengan Remotes Dekstop Management, anda bisa mengelola toko atau bisnis dimanapun kapanpun. 

   2. Business
       CBN menawarkan koneksi internet kecepatan tinggi tanpa kuwatir akan jaringan yang hilang atau lelet. Koneksi fiber optic dari MPLS diterima ke alamat pelanggan tanpa danya bandwitch yang terbagi bahkan di gedung yang sama, selain itu koneksi cepat berkualitas tinggi melalui RJ45 memastikan kinerja terbaik kapan saja. Layanan Bisnis ini sendiri memiliki banyak pilihan seperti CBN Premier, CBN XCESS SOHO, CBN XCESS SOHO SUPREME, dan masih banyak lagi yang tentunya akan cocok dan mendukung bisnis anda.

Terakhir dan paling penting dari gebrakan CBN dalam memajukan dunia digital Indonesia adlah hadirnya Dens.TV. Dens.TV adalah bentuk layanan digital yang berfungsi sebagai sarana informasi dan hiburan. Berisi dengan chanel tv dalam dan luar negeri juga film - film manca negara. Berikut keistimewaan dari Dens.tv :





  • Bisa di download sepuasnya, jadi bisa disimpan untuk ditonton offline.
  • Jika kelewatan acara TV, di Dens.TV anda bisa menonton acara TV sampai 7 hari kebelakang.
  • Bisa di Pause dan di Play kapan saja.
  • Bisa diakses menggunakan perangkat apa saja.
Jadi, dalam menanggapi perkembangan dunia informasi dan digital yang sangat pesat, sebaiknya diambil secara positif. Mencari informasi yang berguna dan memilih hiburan yang bermanfaat seperti yang ada di Dens.TV. Untuk pengguna smartphone bisa dinikmati setelah mendownload applikasi Dens.TV di Playstore.
  







2 komentar:

  1. Wus wus kenceng...kayak angin, internetan jadi bisa secepat kilat dengan CBN fiber yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener, dan yang paling penting "murah"

      Hapus