Full width home advertisement

Travel the world

Freedom Of Chit Chat!

Post Page Advertisement [Top]

Bagaimana perkembangan internet marketing di Indonesia?

sumber gambar : sulopa.com
Internet marketing atau online marketing adalah upaya pemasaran produk maupun jasa melauli media elektronik dan internet. Menurut Kominfo ada sekitar 50% lebih dari penduduk Indonesia sebagai pengguna internet. Jutaan orang menggunakan internet, spesifiknya sekitar 63 juta orang di Indonesia menggunakan internet, tentu penawar produk atau jasa akan memanfaatkan fenomena ini untuk memasarkan produk/jasanya. Jadi, perkembangan internet martketing di Indonesia selalu berkembang dari waktu ke waktu karena tuntutan persaingan dan lahan jangkauannya yang luas.

Saat anda membuka youtube atau membaca di web berita atau apapun yang kalian suka, setelah berselancar kesana kemari anda pasti menjumpai iklan,hanya sedikit web ataupun video youtube yang tidak ada iklannya. Bahkan saat anda menggunakan media sossial, anda akan menjumpai beberapa akun yang beriklan tentang produk/jasanya.

Ilustrasi diatas menggambarkan tentang media internet marketing seperti web dan media sosial, sudah digunakan secara luas dari penawar produk atau jasa, baik dalam skala perusahaan besar bahkan sampai tingkat individu.

Kenapa internet marketing sangat populer digunakan saat ini?

Sangat menarik quote dari Dumetschool ini, memang benar bahwa sekarang kecakapan marketing di bidang teknologi informasi dan digital akan menentukan penjualan produk

Banyak keunggulan dalam internet marketing diantaranya:

1. Murah atau gratis

 Iklan menggunakan media internet itu sangatlah murah bahkan bisa gratis. Jadi, bagi yang merintis usaha atau mungkin sudah berkembang bisa menggunakan internet sebagai media pemasarannya. Untuk versi gratisnya anda bisa menggunakan medsos dan media laiinya seperti blog dan email, cukup hanya aktif dan rajin share mungkin akan ada beberapa yang tertarik dengan produk yang anda tawarkan, bisa juga menggunakan fitur berbayar seperti penyedia jasa marketing online dan fitur dari beberapa medsos yang jauh lebih efektif dan efisien.

2. Jangkauan luas

Tidak peduli jarak yang memisahkan antara produsen dan calon konsumen, iklan lewat internet tidak mengenal jarak yang penting calon konsumen berselancar di internet. Nah, karena faktor ini lah yang membuat internet marketing adalah solusi iklan yang murah.

3. Kemudahan akses

Mudahnya akses, cukup hanya dengan internet dan perangkat elektronik (tentu dengan berbagai aplikasi yang dibutuhkan) konsumen bisa menemukan apa yang ia cari (produk dan jasa) bahkan bisa menemukan tanpa disengaja yang sesuai dengannya dimana sangat membantu bagi konsumen.

4. Tidak perlu bentuk fisik

Internet marketing tidak membutuhkan bentuk fisik sebagai sarana iklan, seperti spanduk, gerai, brosur, dan bentuk fisik lainnya. Ini adalah salah satu keuunggulan internet marketing yang membuatnya menjadi murah.

5. Memberi kenyamanan

Mudahnya akses dari pembeli menemukan produk yang diinginkan pasti akan dibarengi dengan pertanyaan tentang info rinci produk dan berbagai mekanisme pembelian. Dengan internet marketing penjual atau produsen bisa berinteraksi langsung maupun delay melalaui diskusi chat atau email yang akan memberi kenyamanan bagi pembeli.

6. Pemasaran untuk jangka panjang

Karena dalam beriklan anda bisa menggunakan situs pribadi atau situs terkenal dengan membuat tulisan seperti ulasan dan sebagainya yang akan tersimpan di mesin pencari, dengan memilih kata kunci yang SEO friendly, iklan itu akan bertahan lama. Satu faktor lagi yang membuat internet marketing murah dan efisien.

Itulah beberapa keunggulan dalam internet marketing, baik bagi produsen maupun untuk konsumen yang sama - sama diuntungkan.

Agar efektif dan efisien dalam internet marketing sebaiknya produsen atau pengiklan membuat iklan yang menarik, bukan hanya jangkauan iklan saja yang diperhatikan. "Tampilan dulu baru dipromosikan" mungkin itu prinsip dalam pemasaran sehingga tidak menjumpai pembaca atau penonton yang hanya lewat, lebih miris bila iklan tersebut sama sekali tidak dilirik karena tampilan kurang menarik.

Melihat media yang digunakan di internet marketing adalah media digital, jadi visual atau tampilan (banner atau video) iklan menjadi poin utama yang harus dikerjakan baru menyusul dengan informasi atau ulasan produk yang dikemas semenarik mungkin. Internet marketing membutuhkan orang atau jasa yang ahli dalam pemograman, desain grafis, koreografer (untuk video), digital marketing, penulis, dan sebagainya demi menunjang keefektifan itu.

Jadi, momen ini (dibutuhkannya jasa Marketing Online dan Desain Grafis) harus kita manfaatkan sebaik mungkin, bagi yang suka atau minat bekerja menjadi profesi - profesi diatas sebaiknya mulai mempelajari ilmu yang dibutuhkan yang bisa ditemukan di Dumetschool, di dumetschool kita dilatih agar bisa menguasai ilmu yang dibutuhkan dalam internet marketing.

Menguasai internet marketing dengan kursus di Dumetschool


Dumetschool adalah lembaga kursus yang bergerak di bidang pendidikan khususnya  kursus website, digital marketing, dan desain grafis yang berlokasi di Jakarta dan Depok. Yang unik dari Dumetschhol adalah menerima peserta kursus baru tanpa harus mempunyai latar belakang IT, dan sudah ada lebih dari 5000 lulusan dari berbagai latar belakang profesi mulai dari pelajar, guru, freelancer, dan lainnya.

Ada 5 program kursus yang ditawarkan Dumetschool yakni Web Master, Graphic Design, Digital Marketing, Web Programming, dan Web Design. Program - program tersebut adalah ilmu yang dibutuhkan dalam internet marketing agar efisien dan efektif.

Berikut adalah sedikit ulasan masing - masing program :

Didalam program ini kita diajarkan beberapa bahasa pemograman untuk membuat web profesional yakni HTML dan CSS, Bootstrap, jQuery, Plugin, Javascript dan jQuery, Photoshop, PHP dan MySQL, Object - oriented programming (OOP), dan PHP Framework.

Di program ini anda bisa langsung praktek yang langsung didamping struktur berpengalaman dan step by step. Dengan pengalaman langsung praktek tersebut, memberikan pengalaman bagi peserta kursus agar belajar dari kesalahan semasa praktek. Apabila anda bisa menguasainya dan lulus, anda akan mendapatkan sertifikat Web Master dengan nomor Diknas (berguna untuk mencari pekerjaan), dan ilmu anda bisa digunakan untuk membuat web profesional seperti web portal berita, e-commerce, web perusahaan, dan sebagainya.


Didalam program kursus ini anda akan belajar Photoshop, Ilustrator, InDesign, dan Flash. Setelah mampu menguasai software - software tersebut anda bisa membuat design banner, logo, spanduk, brosur, edit foto, karakter, dan lain - lain. Juga ada sertifikat Graphic Design dengan nomor diknas yang sangat berguna tentunya.


"Membuat produk itu lebih mudah daripada menjualnya" makanya gaji karyawan marketing itu besar - besar. Saat ini pemasaran yang efektif adalah melalui internet seperti ulasan tulisan diatas, dengan syarat melakukan marketing yang menarik dan tepat sasaran.

Khusus didalam program ini, anda akan diajarkan tentang Wordpres, SEO, Facebook Ads dan Instagram Ads, Adword Search, Youtube Ads, Email Marketing, dan Landing Page. 7 ilmu tersebut sangat berguna agar iklan diterima viewer (penonton/pembaca) secara cepat dan efektif. Ada sertifikat dengan nomor izin Diknas menanti apabila anda lulus.


Web programming adalah ilmu untuk merealisasikan design sebuah web, tanpa web programming, sebuah website tidak dapat diakses sempurna oleh pengunjung. Ada 2 kelas pembelajaran dalam program ini yakni Object - oriented programming dan PHP Framework Codeigniter. Apakah banyak diserap ilmu ini dalam membuat web? tanpa ilmu ini web anda bisa dianalogikan dengan mobil tanpa mesin atau mobil dengan mesin yang tidak lengkap suku cadangnya, yang terjadi adalah macet atau berhenti bekerja.

Nah, ini adalah nilai jual dari sebuah website. Tampilan visual yang menarik, keserasian tata letak dan font yang ada membuat pengunjung betah. Dalam kursus ini anda akan diajarkan tentang HTML dan CSS, Bootstrap, jQuery Plugin, Javascript dan jQuer, dan Photoshop. Sekilas program Kursus Web Master, sudah dilengkapi dengan pengajaran software - software yang ada di kursus web design dan programming.

Memang benar web master bisa menguasai kedua kemampuan itu namun tidak secara spesifik, dan dalam pembautan sebuah web yang rumit akan ada beberapa maslaah yang hanya bisa diatasi oleh departemen lainnya. Ibaratnya web master adalah manajer atas sebuah proyek, manajer tanpa karyawan pekerjaannya tidak akan selesai.

Program - program kursus tersebut tidak ada yang mubadzir (sia - sia) dalam internet marketing, satu dengan yang lainnya saling mendukung dan membutuhkan, jadi tinggal tergantung minat anda untuk belajar yang mana.

Keunikan dan keuntungan belajar dengan Dumetschool selain  tanpa da syarat apapun bagi peserta didik baru, adalah (saya sediakan gambar dari Dumetschool sebagai bukti) :

Dan juga....

Bagi yang penasaran Dumetschool membuka free trial (gratis coba), bagi yang serius harga paket kursus dibuka dari kisaran 5,5 juta - 14,9 juta tergantung paket kursus yang dipilih. Semoga bermanfaat, selamat belajar ^^ 

3 komentar:

  1. Bener banget! Media promosi termurah era kini yaa pakai internet. Itulah kenapa internet marketing kian berkembang. Udah gitu paperless...bantu selamatkan hutan. Eaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah quote bagus nih "paperless bisa selamatkan hutan" ane gak terpikir sampe situ, sip2 deh mba

      Hapus
  2. Anda seorang master SEO? atau yang sedang belajar SEO dan ingin menjajal kemampuan SEO anda?

    Ayo ikuti kontes SEO di itu99 dengan total HADIAH Rp.30.000.000


    Pendaftaran dimulai pada tanggal 22 Januari 2018
    Pendaftaran berakhir pada tanggal 22 April 2018
    Pemenang akan diumumkan pada tanggal 7 Mei 2018
    Hadiah akan dibagikan pada 8 Mei 2018

    Untuk info lebih lanjut, klik link ini : www.itu99.org/kontes/

    BalasHapus

Bottom Ad [Post Page]