Rabu, 01 November 2017

Bermandikan Tepung Warna Disertai Suasana Ramai dan Meriah Di Acara Festival Holi

Festival Holi adalah suatu kegiatan atau upacara sakral yang dilaksanakan oleh umat hindu di dunia. Upacara ini mensyukuri datangnya musim semi dan kemenangan oleh kebaikan melawan kejahatan atau keburukan. 

Berbagai versi legenda yang mendasari kenapa upacara atau festival ini diadakan berbeda - beda, salah satu versinya adalah bahwa dewa Wisnu telah menyelamatkan pengikutnya yakni Prahlada dari onggokan kayu yang terbakar dan membuat bibi Prahlada yang jahat yakni Holika malah yang terbakar. Oleh karenannya, malam sebelum hari Festival Holi diadakan umat hindu akan membuat api unggun yang besar menandai bahwa kejahatan akan kalah dan juga sebagai tolak bala.

Satu yang sangat unik dari festival ini adalah ramainya orang tumpah ruah ke jalan - jalan atau spot festival diadakan dan bersama - sama menari disertai tepung berwarna yang mengguyur badan, seperti video dibawah ini.


Bahkan Coldplay mendapat inspirasi dari Festival Holi untuk dijadikan tema dalam video lagunya yang berjudul Hymn For The Weekend. Tampak di video coldplay dibawah ini yang begitu indah antara latar dengan lagunya.


Walaupun identik dengan umat hindu, dalam pelaksanaannya saat ini tidak ada batasan,siapapun boleh berbaur menikmati kemeriahan dan suka cita. Seperti yang ada di Nepal bahwa orang budah turut melakukan upacara ini. 

Kenapa harus menggunakan tepung berwarna?

Pertanyaan kritis dan menarik, ada empat warna yang digunakan. Merah mewujudkan cinta dan kesuburan, kuning melambangkan kunyit, biru melambangkan wujud dari Khrisna, dan hijau adalah lambang dari musim semi dan sebuah awal baru. Untuk penggunaan tepung berwarna sendiri adalah tradisi warga india dimana warna adalah bagian dari budaya mereka.

India bahkan menetapkan Hari pada saat Festival Holi berlangsung sebagai hari libur nasional,yang terjadi saat bulan purnama terakhir pada bulan Phalguna menurut kalender umat hindu. Yang berarti bisa terjadi antara akhir bulan Februari sampai bulan maret. Nah ada beberapa tempat rekomendasi di India bila agan ingin berwisata dan menikmati kemeriahan  Festival Holi, yaitu Mathura dan Vrindavan.

Galeri :






Referensi :
Times.com
Telegraph.co.uk

Image Source :
Boredpanda.com
Times.com

0 Komentar:

Posting Komentar