Apa arti dari ari liur yang berlebihan?


Bilamana ada orang yang mengatakan "ini lezat," itu biasanya dimaksudkan sebagai pujian untuk rasa yang luar biasa. Tapi bila sobat menderita produksi air liur yang berlebihan atau dinamakan Hyper salivasi, sesuatu yang lezat itu bisa membuat sobat merasa malu dengan kondisi sobat. Kelebihan produksi air liur bisa menjadi  petunjuk/tanda penting bagi keseluruhan kesehatan sobat. Biasanya kondisi ini adalah efek samping dari gejala atau keaadaan tubuh sobat.

Berikut adalah beberapa kegunaan dan efek air liur. Dengan fakta ini mungkin sobat akan lebih siap untuk menangani masalah ini.

PERAN AIR LIUR (SALIVA)

Air liur atau saliva sangat penting kegunaannya untuk mulut dan kesehatan tubuh, termasuk memudahkan membersihkan  makanan yang tersangkut di gigi, mempurmudah mengunyah dan mencampur makanan didalam mulut sehingga siap dan memudahkan pencernaan, dan bahkan memberi kontribusi pada kadar kalsium yang tinggi untuk menjaga gigi tetap kuat. Tanpa air liur mulut akan kering dan bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Namun, produksi air liur harusnya pada kadar CUKUP, tidak berlebihan maupun kekurangan guna dapatmelakukan proses esensial dan tidak lebih. Drooling atau terus-menerus harus menelan mungkin merupakan tanda bahwa tubuh Anda menghasilkan terlalu banyak air liur, hal ini terkadang akan memalukan pada kondisi tertentu.

PENYEBAB SALIVA EXCESS

Lebih sering daripada tidak, air liur berlebihan merupakan efek samping dari masalah lain. British Journal of Medical Practitioners (BJMP) mencantumkan beberapa alasan berikut untuk hypersalivation:

  • Kehamilan
  • Peradangan oral akibat tumbuh gigi pada bayi
  • Infeksi oral seperti tonsilitis
  • Obat tertentu, termasuk obat penenang dan antikonvulsan
  • Penyakit neuromuskular, seperti Parkinson, stroke dan kelumpuhan


Karena kelebihan air liur biasanya merupakan efek samping dari masalah yang lebih serius, penting untuk mencari pertolongan medis jika cairan ludah Anda sedemikian rupa sehingga mempengaruhi kehidupan sehari-hari atau menyebabkan masalah lain, seperti bibir pecah-pecah, bau mulut, dehidrasi atau kesulitan bicara.

BERHUBUNGAN DENGAN HIPERSALIVASI

Cara terbaik untuk menghentikan tubuh Anda menghasilkan terlalu banyak air liur adalah dengan mengatasi masalah mendasar. Dalam banyak kasus, mengganti obat atau mendapatkan pengobatan untuk masalah medis dapat membantu mengatasi kelebihan air liur. Tapi ada hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi berapa banyak air liur yang dihasilkan tubuh Anda.


Menghindari makanan dan minuman yang bisa menyebabkan produksi air liur. Pemicu dapat bervariasi dari orang ke orang, buah sitrus dan alkohol pada umumnya dapat menurunkan produksi air liur. Air liur yang berlebihan pasti membuat gangguan pada cara sobat berbicara, makan dan bersosialisasi. Dengan mengetahui Hypersalivasi dimana kondisi ini adalah efek samping dari gejala yang lebih serius sebaiknya segera memeriksa kesehatan sobat ke dokter.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment