Berbagai Macam Keluhan yang Sering Terjadi Pada Ibu Hamil

Pada saat ibu hamil akan mengalami beberapa keluhan kurang lebih selama 9 bulan. Keluhan yang dirasakan oleh ibu hamil pun berbeda – beda sakitnya. Ada yang selama 9 bulan selalu merasakan sakit yang bermacam – macam, namun ada juga yang hanya merasakan sedikit keluhan.
Sumber Image : rubrikita.com


Semua keluhan tersebut bergantung pada hormon yang dimiliki oleh ibu hamil itu sendiri. Untuk itu tak kalah pentingnya bagi kita untuk berkonsultasi ke dokter bila terjadi berbagai macam keluhan-keluhan tersebut.


Pada artikel ini saya akan membahas beberapa keluhan yang sering terjadi pada ibu hamil, diantaranya adalah sebagai berikut :


  • Letih secara terus – terusan
Tubuh ibu hamil sangat rentan akan keletihan, dan sangat wajar jika ibu hamil selalu merasakan letih secara terus – terusan karena kondisi tubuh pada ibu hamil akan bekerja sangat keras untuk menyesuaikan dirinya terhadap tuntutan fisik dari kehamilannya. Oleh karena itu pastikan anda untuk beristirahat yang cukup di malam hari.


  • Mual dan muntah
Pada awal kehamilan biasanya ibu hamil selalu mengalami yang namanya mual dan muntah khususnya diwaktu pagi hari. Keseringan muntah maka bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Untuk memperbanyak cairan perbanyaklah minum air putih disaat makan.


  • Mengidam makanan
Mengidam makanan tertentu akan dirasakan oleh seorang wanita diawal kehamilannya karena adanya pengaruh emosional dari ibu hamil itu sendiri.


  • Banyaknya produksi air liur
Pada bulan pertama akan ada gejala awal kehamilan yang selalu dirasakan ibu hamil yaitu produksi ludah berlebihan, biasanya hal ini tidak akan berlangsung lama. Untuk itu seringlah anda menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi yang didalamnya terdapat kandungan mint.


  • Adanya tekanan dibawah perut
Selagi tidak ada pendarahan dan rasa nyeri dibawah perut tidak ada yang perlu dikwatirkan karena hal ini termasuk hal biasa yang dirasakan oleh ibu hamil.


  • Sering buang air kecil
Pada bulan ketiga ibu yang sedang hamil akan sering mengalami buang air kecil karena meningkatnya voleme cairan tubuh jadi dapat mempercepat produk sisa.


  • Pusing
Pada awal memasuki bulan keenam ibu hamil akan sering mengalami pusing karena kekurangan darah, system peredaran darah pun akan berkembang dengan cepat. Oleh karena itu jika sedang duduk kemudian berdiri tiba-tiba pusing akan dirasakannya.

Itulah beberapa keluhan yang sering dirasakan oleh ibu hamil, semoga bisa menambah pengetahuan anda setelah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment