Full width home advertisement

Travel the world

Freedom Of Chit Chat!

Post Page Advertisement [Top]

Rekonstruksi dari Matheronodon provincialis yang merupakan spesies baru 

Telah ditemukan fosil gigi dari dinosaurus herbivora yang ditemukan di daerah pedesaan di Prancis. Dinosaurus ini adalah spesies baru rhabdodontid hidup pada 84 juta sampai 72 juta tahun yang lalu. Termasuk dinosaurus yang terbesar dalam spesiesnya dan memiliki scissorslike teeth atau gigi gunting yang sangat tajam (disini letak keanehannya), hasil laporan dari Godefroit ahli Paleontologi, dari  of the Royal Belgian Institute of Natural Sciences di Brussle.

Dibandingkan dengan dinosaurus yang sama jenisnya, gigi Matheronodon provincialis setidaknya dua kali lebih besar tetapi dengan jumlah gigi yang lebih sedikit. Beberapa gigi mencapai panjang hingga 6 sentimeter, sementara yang lainnya tumbuh setinggi 5 sentimeter. Gigi - gigi itu tampak seperti gigi rhabdodontid normal, kata Godefroit.

Dari ratusan fosil yang digali selama dua dekade terakhir di sebuah lokasi bernama Velaux-La Bastide Neuve di pedesaan Prancis, beberapa tulang rahang dan gigi sekarang telah dikaitkan dengan spesies baru ini (Matheronodon provincialis). Gigi yang kuat tidak hanya dimiliki karnivora namun juga dinosaurus herbivora, dinoasurus -dinosaurus bipedal yang umum ditemui pada zaman kapur. Rhabdodontid  didukung dengan gigi setajam pisau, dan mampu untuk menguliti batang kayu yang kuat.

Gigi rhabdodontid dilapisi oleh lapisan enamel yang tebal, gigi di rahang atas lebih banyak terlapisi oleh enamel sedangakan gigi bagian bawah tidak banyak dilapisi oleh enamel.  Melihat lebih dekat struktur mikro gigi M. provincialis menunjukkan versi yang berlebihan bagi dinosaurus herbivora, lebih banyak enamel pada gigi. Enamel ini berfungsi untuk melindungi gigi dari keausan, sehingga mengunyah dapat mempertajam gigi dinosaurus. "gigi ini bekerja seperti gunting dengan pemotong bergerigi tajam" kata  Godefroit.

Gigi yang menghadap ke pipi memiliki rongga sedangkan yang berhadapan dengan  lidah tampak mulus tanpa rongga
Sumber            : www.sciencenews.org
Sumber Image : www.sciencenews.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]