Manfaat Makan Ayam dan Telur

Sup ayam, ayam goreng, ayam bakar, ayam gulai, dan masih banyak lagi. Ayam dalam berbagai bentuk masakan tersebut sangat enak dan bagus untuk kesehatan, kecuali anda ayam hehe. Hampir semua bagian dari ayam bisa dimanfaatkan bisa jadi masakan dari kepala sampai cakarnya. Saya sendiri suka mengkonsumsi ayam dari berbagai macam olahan rata – rata saya mengkonsumsi ayam 5x seminggu. Saya membatasi untuk makan masakan dari olahan bahan ini karena takut akan kelebihan kolestrol yang mengakibatkan obesitas atau bisa menyebabkan penyakit lainnya.
meatworld.co.za
Namun setelah saya cari sana – sini tentang manfaat ayam bagi kesehatan ternyata banyak juga lho, diantaranya :

      1.       Mengandung banyak fosfor.
      Fosfor sangat berguna bagi tubuh manusia, mineral penting ini sangat membantu perkembangan gigi dantulang, serta hati, ginjal, dan saraf pusat.

      2.       Tinggi protein
Image result for high protein chicken meals
Daging ayam kaya akan protein dan gizi lainnya yang sangat berguna bagi kesehatan
      Ayam adalah solusi bagi yang mencari sumber protein. Ada 2 kegunaan, yang pertama dengan adanya lemak dan protein bisa membantu menaikkan berat badan, yang kedua adalah sebagai pilihan menu makanan dalam program menurunkan berat badan karena ayam adalah bahan makanan yang tergolong rendah lemak dan bisa menjadi opsi untuk menu makan sehat yang tetap  enak.

     3.       Mengandung Anti-depressant
    Ayam kaya akan asam amino yang disebut dengan tryptophan. Tryptophan ini yang memberi perasaan nyaman ketika mengkonsumsi sup ayam yang ibu telah dibuat ibu selain juga karena ketulusan ibu dalam memasaknya hehe. Bahasa ilmiahnya tryptophan tersebut bisa meningkatkan kadar serotonin di otak yang bisa menghilangkan stress dan meningkatkan mood.

     4.       Mengandung berbagai jenis dari vitamin B
     Manfaatnya adalah mengurangi berbagi masalah kulit dan mencegah kerusakan genetic (DNA).

      5.       Membantu menjaga kesehatan mata
    Ayam tinggi akan retinol, alfa dan beta karoten, dan lycopene dimana semuanya penting untuk membantu kesehatan mata.

Selain daging dan organ dalam dari ayam yang bisa dimanfaatkan sebagai makanan yang enak nan sehat. Jangan lupa dengan telurnya dimana salah satu makanan keseharian saya, kenapa? Enak dan praktis juga murah. Telur goreng, telur balado, bahkan bisa menjadi bahan kombinasi seperti nasi goreng, semuanya sedap. Banyak yang menganggap olahan telur justru akan lebih berbahaya bagi tubuh dibandingkan ayam dimana bisa meningkatkan resiko penyakit jantung. Apakah benar? Mari kita lihat berbagai kandungan gizi yang ada didalam telur, diantaranya :

     1.       Telur sangat bergizi
Image result for egg full of gizi      Vitamin A: 6% dari RDA       Satu telur rebus mempunyai nilai gizi :
Folat: 5% dari RDA
Vitamin B5: 7% dari RDA
Vitamin B12: 9% dari RDA
Vitamin B2: 15% dari RDA
 Fosfor: 9% dari RDA
 Selenium: 22% dari RDA
    Telur juga mengandung vitamin D, Vitamin E, Vitamin K, Vitamin B6, Kalsium dan Seng yang layak. Juga dengan 77 kalori, 6 gram protein dan 5 gram lemak sehat. Telur termasuk makanan paling bergizi di planet ini.

     2.       Telur mengandung kolin
      Kolin adalah nutrisi yang kebanyakan orang tidak tahu. Kolin digunakan untuk membangun selaput sel dan berperan dalam memproduksi molekul pensinyalan di otak, bersamaan dengan berrbagai fungsi lainnya

    3.       Telur kaya akan protein
     Telur merupakan sumber protein yang sangat bagus, dalam satu telur bisa mengandung 6 gram protein.

    4.       Telur TIDAK meningkatkan resiko penyakit jantung malah justru bisa mengurangi resiko stroke
Image result for egg is not increasing heart attack
dailyhealthpost.com
     Namun, beberapa penderita diabetes yang mengkonsumsi telur dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

    5.       Makan telur bisa mengurangi kecenderungan untuk mengkonsumsi makanan berkalori
     Kandungan protein yang tinggi pada telur dapat memberikan persaan kenyang setelah memakannya sehingga mengurangi porsi makan ke menu berikutnya pada saat yang sama.

Ternyata ayam dan telur banyak manfaatnya juga ya. Bisa menyehatkan tubuh dan membantu perkembangan otak yang membuat kita memiliki daya tangkap lebih sehingga lebih pintar dan cerdas. Tidak dipungkiri apabila kita mngkonsumsi ayam dan telur secara berlebihan tentu akan menimbulkan resiko yang berbahaya, bukankah semua yang berlebihan itu tidak baik. Jaga pola makan dan perbanyak aktivitas yang membuat tubuh bergerak. Makan sehat juga bukan berarti menghindari makanan yang mengandung lemak seperti ayam dan telur, cukup seimbang dan semua makanan sedap termasuk ayam dan telur bisa berkahir di perut  sobat. Selamat Hari Ayam dan Telur Nasional! :)

Image result for olahan ayam dan telur yang sedap
Resephariini.com mari makan ayam dan telur :D
Previous
Next Post »
Thanks for your comment