Full width home advertisement

Travel the world

Freedom Of Chit Chat!

Post Page Advertisement [Top]

Festival Yee Peng di Chiang Mai (kadang ditulis sebagai 'Yi Peng') dirayakan pada bulan purnama bulan lunar kedua belas setiap tahun, yang biasanya berarti pertengahan bulan November, tapi ini bisa bervariasi. Pada tahun 2016, festival lentera Yee Peng akan diadakan pada tanggal 14 November.

Orang Budha percaya bahwa dengan melepaskan lentera bisa membuang penmyakit dan celaka; image borepanda.com

Foto-foto yang luar biasa dari ratusan bahkan ribuan lentera yang menyala terang naik ke langit malam di atas Chiang Mai adalah gambar ikonik dari Loy Krathong – tetapi sesi pencahayaan lentera massal ini sebenarnya adalah bagian dari festival yang lebih kecil di Loy yang lebih luas. Yaitu perayaaan Krathong.



Seperti yang dikatakan buku-buku sejarah, inilah saat di mana penduduk setempat percaya bahwa sungai-sungai berada pada saat tertinggi dan bulan paling terang adalah  waktu yang tepat untuk 'membuat kebaikan' dan meletakkan kratong yang mengambang di Sungai Ping, atau Cahaya lentera dibuat sebagai tanda harapan untuk keberuntungan di tahun baru.

Apa itu Festival Yee Peng?



Di Chiang Mai, Perayaan Loy Krathong didahului oleh Yee Peng (Festival Lentera), di mana orang melepaskan lampion mengambang ke langit. Selama Yee Peng berlangsung,  rumah penduduk lokal dan tempat-tempat umum dihiasi dengan lentera dan hiasan gantung warna-warni. Tindakan melepaskan lentera dan krathong ini melambangkan melepas semua penyakit dan kemalangan di tahun sebelumnya, dan umat Budha juga percaya bahwa jika membuat sebuah harapan saat menyalakan lentera, itu akan menjadi kenyataan (tapi hanya jika  melakukan perbuatan baik Tahun berikutnya, tentu saja).

Sebagai bagian dari festival lampu ini, ada banyak aktivitas lain yang terjadi di seluruh Chiang Mai. Ini termasuk pertunjukan tarian tradisional Thailand, official 'Yee Peng Parade' di sekitar gerbang Kota Tua dan di bawah Tha Phae Road, pertunjukan musik dan kerajinan tangan. juga  banyak penjual makanan, petasan, kembang api, dan gerombolan turis dengan tongkat selfie (terutama di sekitar area Gerbang Tha Phae).

Dimana Merayakan Festival Yee Peng?


Festival Yee Peng diselenggarakan di Chiang Mai dimana lampio – lampion dilepaskan pada malam hari, tapi untuk foto spektakuler itu (ketika semua orang melepaskan lentera pada saat yang bersamaan), tempat terbaik untuk mengabadikannya adalah di Mae Jo University dan untuk pelepasan secara besar – besaran lampion tersebut  pada pukul 18,30. Perlu diingat bahwa sobat harus tiba di awal waktu untuk mendapatkan tempat yang bagus dan juga harus mengenakan pakaian sopan (tidak ada celana pendek atau tee pendek).


 Ada juga upacara Yee Peng yang lain yang disiapkan khusus untuk wisatawan, yang diadakan sekitar satu minggu setelah festival yang sebenarnya. Ini melibatkan pencahayaan lentera lebih banyak dan kesempatan foto yang spektakuler. Harga tiket adalah $ 100 (sekitar 3.000 baht), dan ini termasuk makanan lengkap, transport dan dua lentera ... keseluruhan paket pada dasarnya. Lokasi dan tanggal tidak dikonfirmasi sampai mendekati tanggal, sekitar akhir November.



Sumber : chiangmai.bangkok.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]